Apa Perbedaan Jarak dan Perpindahan Dalam Fisika?

Pada postingan Mafia Online sebelumnya telah membahas mengenai pengertian gerak. Gerak selalu menimbulkan perpindahan dan jarak. Terkadang kita bingung mengenai jarak dan perpindahan. Ada yang mengatakan bahwa jarak dan perpindahan tersebut adalah sama, padahal keduanya beda. Jarak dan perpindahan merupakan dua hal yang orang bilang "kembar tapi beda". Coba perhatikan ilustrasi contoh berikut.

Burung asal Rusia dan Siberia yang bermigrasi ke Australia mulai singgah di pesisir timur Sumatera. Namun burung itu tidak lagi singgah di kawasan yang mengalami kerusakan lingkungan. Mereka yang merupakan burung penyuka pantai basah ini hanya singgah di tempat yang terjaga kelestariannya. Coba anda bayangkan berapa jaraknya burung tersebut berpindah dari Australia ke Sumatera?
Burung asal Rusia dan Siberia yang pindah ke Australia mulai singgah di pesisir timur Sumatera. Sumber Gambar: Go Blue

Jarak dan perpindahan mempunyai pengertian yang berbeda. Misalkan Fira berjalan ke barat sejauh 4 km dari rumahnya, kemudian 3 km ke timur. Berarti Fira sudah berjalan menempuh jarak 7 km dari rumahnya, sedangkan perpindahannya sejauh 1 km 



Berbeda halnya dengan contoh berikut. Seorang siswa berlari mengelilingi lapangan satu kali putaran. Berarti ia menempuh jarak sama dengan keliling lapangan, tetapi tidak menempuh perpindahan karena ia kembali ke titik semula.
Contoh lain, ada seorang pejalan kaki bergerak ke utara sejauh 3 km, kemudian berbelok ke timur sejauh 4 km, lalu berhenti. Berapa jarak yang ditempuh siswa tersebut? Berapa pula perpindahannya?
Jarak yang ditempuh siswa tersebut berarti keseluruhan lintasan yang ditempuh yaitu 3 km + 4 km = 7 km, sedangkan perpindahannya sepanjang garis putus-putus pada Gambar 10.4c, yaitu dengan menggunakan aturan Pytagoras maka diperoleh sebesar 5 km.

Dengan demikian, jarak didefinisikan sebagai panjang seluruh lintasan yang ditempuh. Sedangkan, perpindahan merupakan jarak dan arah dari kedudukan awal ke kedudukan akhir atau selisih kedudukan akhir dengan kedudukan awal. Jarak merupakan besaran skalar, sedangkan perpindahan merupakan besaran vektor.

Setelah anda paham mengenai jarak dan perpindahan, maka anda sudah bisa menentukan kelajuan dan kecepatan suatu benda. Apa pengertian kelajuan dan kecepatan? Apa perbedaan kelajuan dan kecepatan? Untuk lebih jelasnya silahkan baca postingan Mafia Online tentang "Apa perbedaan kecepatan dan kelajuan?"

Tolong share artikel ini ke: Facebook Twitter Google+
Anda baru saja membaca artikel dengan judul: "Apa Perbedaan Jarak dan Perpindahan Dalam Fisika?". Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik. Punya artikel tentang “Mafia”, artikel tentang Aplikasi “Mafia” dalam kehidupan sehari-hari, soal-soal “Mafia”, Tips dan Trik mengerjakan Soal-Soal “Mafia”, Puisi “Mafia”, Pantun “Mafia”, atau yang lainnnya tentang “Mafia”? Jika ingin karyamu kami terbitkan di blog ini silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk “Mengirim Kreatifitas Anda
Posted by: Hidayanti 5:48 PM

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif