website statistics Apa Perbedaan Kecepatan dan Kelajuan?

Apa Perbedaan Kecepatan dan Kelajuan?

Iklan
Iklan

Tahukah anda bahwa cheeta merupakan hewan tercepat di dunia, cheeta mampu berlari dengan kecepatan 96 km/jam atau 26,7 m/s. Tahukah anda apa arti kecepatan? Lalu apa bedanya dengan kelajuan?


Ceeta merupakan hewan pelari tercepat di muka bumi.
Kecepatan lari ceeta mampu mencapai 96 km/jam atau 26,7 m/s. Sumber Gambar: clccharter.org

Sebelum anda melangkah lebih jauh ke konsep kecepatan dan kelajuan, alangkah baiknya anda terlebih dahulu menguasai konsep perpindahan dan konsep jarak. Kedua konsep ini terkadang saling tertukar sehingga bisa menimbulkan miskonsepsi (salah konsep). Konsep kecepatan dan kelajuan akan anda kuasai jika anda benar-benar paham dengan konsep perpindahan dan konsep jarak. Jadi, kalau anda belum pahan dengan kedua konsep tersebut, sebaiknya anda baca atau pelajari terlebih dahulu konsep tersebut di postingan Mafia Online yang berjudul "Apa Perbedaan Jarak dan Perpindahan dalam fisika?"


Istilah kecepatan dan kelajuan dikenal dalam perubahan gerakKecepatan termasuk besaran vektor, sedangkan kelajuan merupakan besaran skalar. Besaran vektor memperhitungkan arah gerak, sedangkan besaran skalar hanya memiliki besar tanpa memperhitungkan arah gerak benda. Kecepatan merupakan perpindahan yang ditempuh tiap satuan waktu, sedangkan kelajuan didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut.

 
Jadi di sini anda harus benar-benar mampu menguasai konsep jarak dan perpindahan. Terkadang dua konsep ini saling tertukar sehingga menjadi miskonsepsi. Jadi alangkah baiknya anda terlebih dahulu menguasai konsep jarak dan perpindahan. Tanpa kedua konsep tersebut anda tidak mungkin bisa menguasai konsep kecepatan dan kelajuan (mampu membedakan konsep kecepatan dan kelajuan). 

Contoh soal tentang Kelajuan dan Kecepatan
Seorang siswa berjalan dengan lintasan ABC, seperti gambar berikut.
Selang waktu dari A ke C 1 jam. Tentukan kelajuan dan kecepatan siswa tersebut?

Pembahasan:
Diketahui:
Panjang AB= 3 km
Panjang BC= 4 km
Waktu AC = 10 s

Ditanyakan: besar kelajuan dan kecepatan?
Jawab:
          Untuk menghitung besarnya kelajuan siswa tersebut terlebih dahulu hitung jarang yang ditempuh oleh siswa tersebut.
Jarak AC = panjang AB + panjang BC
Jarak AC = 3 km + 4 km
Jarak AC = 7 km
Setelah jarak yang ditempuh diperoleh maka sekarang hitung kelajuan siswa tersebut dengan cara:
          Kelajuan = Jarak / waktu
          Kelajuan = 7 km / 1 jam
Kelajuan = 7 km/jam

          Sekarang hitung besarnya kecepatan siswa tersebut. Sebelum menghitung kecepatan, terelebih dahulu mencari perpindahan siswa tersebut dengan menggunakan aturan teorema Pytagoras. Maka diperoleh besarnya perpindahan sebesar 5 km. Setelah perpindahan yang ditempuh diperoleh maka sekarang hitung kecepatan siswa tersebut dengan cara:
          Kecepatan = perpindahan / waktu
          Kecepatan = 5 km / 1 jam
Kecepatan = 5 km/jam

Soal tantangan tentang kecepatan dan kelajuan
          Setiap akan mulai latihan sepak bola terlebih dahulu harus melakukan pemanasan yaitu dengan cara mengelilingi lapangan yang berbentuk lingkaran selama 14 menit 40 detik. Budi hanya mampu melakukan gerakan 2 putaran mengelilingi lapangan tersebut, sedangkan eka mampu melakukan 2,5 putaran. Jika jari-jari lapangan tersebut 70 m.
A.     Berapa kecepatan dan kelajuan Budi mengelilingi lapangan tersebut?
B.      Berapa kecepatan dan kelajuan Eka mengelilingi lapangan tersebut?


Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Perbedaan Kecepatan dan Kelajuan?"