website statistics Cara Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai

Cara Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan Berbalik Nilai => Pada postingan sebelumnya Mafia Online sudah membahas tentang cara menghitung perbandingan senilai atau seharga. Nah pada kesempatan ini Mafia online akan membahas tentang cara menghitung perbandingan berbalik nilai. Apa itu perbandingan berbalik nilai? Sebelum membahas perbandingan berbalik nilai perhatikan ilustrasi di bawah ini.
 
Mungkin Anda pernah ke sekolah menggunakan sepeda. Jika anda bangun terlambat agar sampai di sekolah tepat waktu apa yang anda harus lakukan? Tentunya Anda menambah kecepatan sepeda anda. Bagaimana kalau anda tidak terlambat bangun, apakah anda perlu menambah laju sepeda anda? Pastinya tidak, karena Anda memiliki waktu yang cukup untuk pergi ke sekolah dan tidak perlu tergesa-gesa. 
Semakin rendah kecepatan sepeda,  maka makin banyak waktu yang diperlukan untuk sampai di tempat tujuan
Sumber Gambar: pacitankab.go.id
Perhatikanlah tabel di bawah ini yang menunjukkan waktu dan kecepatan rata-rata dari suatu mobil untuk menempuh jarak 240 km.

No
Kecepatan (Km/Jam)
Waktu (Jam)
1
80
3
2
60
4
3
30
8
4
20
12
5
x
y

Tabel di atas menunjukkan bahwa, jika kecepatan rata-rata berkurang, maka waktu yang dibutuhkan bertambah dan sebaliknya. Selain itu, dapat juga kita lihat, hasil kali kecepatan rata-rata dengan waktu untuk setiap hari selalu tetap (atau sama), yaitu:
60 km/jam x 4 jam = 240 km
40 km/jam x 6 jam = 240 km
30 km/jam x 8 jam = 240 km, dan seterusnya.
"Hasil kali kecepatan dengan waktu tempuh sama dengan jarak yang ditempuh". Jika kita perhatikan lebih lanjut tabel sebelumnya, hasil perbandingan kecepatan rata-rata dan perbandingan waktu pada dua baris tertentu selalu merupakan kebalikan atau invers pekalian masing-masing, misalnya:
perbandingan kecepatan yang pertama dengan yang kedua adalah:
Sedangkan perbandingan waktu yang pertama dengan yang kedua adalah:
Jadi, 3/2 kebalikan atau invers dari 2/3. 

Perbandingan antara kecepatan rata-rata kebalikan (invers) dari perbandingan dari waktu. Dikatakan ada perbandingan berbalik nilai antara kecepatan rata-rata dan waktu. Jika kecepatan rata-rata dikali 2, maka waktunya dibagi 2 dan sebaliknya.

Perhatikan contoh soal berikut!
Contoh soal 1  
Seorang arsitek memperkirakan dapat menyelesaikan sebuah gedung perkantoran dalam waktu 15 bulan dengan 120 buruh. Arsitek itu menginginkan gedung tersebut selesai dalam 12 bulan. Berapa tambahan buruh yang diperlukan?

Penyelesaian: 
Dalam soal ini dapat kita lihat bahwa waktu berkurang berarti pekerja bertambah, maka digunakan perbandingan berbalik nilai.


Pekerja
Waktu
120
15
x
12



Terlebih dahulu tentukan nilai x tersebut dengan cara menggunkan perhitungan perbandingan berbalik nilai, seperti berikut.
         
Jumlah buruh yang dibutuhkan sebanyak 150 orang. Maka tambahan pekerja adalah 150 orang-120 orang = 30 orang. Jadi, agar selesai dalam 12 bulan perlu tambahan buruh sebanyak 30 orang.

Dari contoh di atas dapat dituliskan secara umum:





Berdasarkan hubungan di atas a/b memiliki hubungan dengan d/c (kebalikan dari c/d ).
Hubungan seperti itu disebut perbandingan berbalik harga.
a/b = d/c atau (a : b) = 1/c : 1/d

Contoh soal 2 
Seorang peternak mempunyai persediaan pakan ternak untuk 72 ekor ayam selama 10 hari. Peternak itu membeli 18 ekor lagi, maka dalam beberapa hari persediaan pakan itu akan habis. Tentukan dalam berapa hari persediaan akan habis?

Penyelesaian: 
Jika ayam bertambah, berarti persediaan pakan semakin cepat habis atau banyak hari berkurang. Jadi, persediaan ini merupakan perbandingan berbalik harga.


 Ayam
Waktu 
72
10
72+18 = 90
x


Sekarang kita tentukan nilai x tersebut dengan cara menggunkan perhitungan perbandingan berbalik nilai, seperti berikut.
        
Jadi, persediaan pakan ayam untuk 90 ekor akan habis selama 8 hari. 

Jika anda sudah paham mengenai cara menghitung perbandingan berbalik nilai, silahkan jawab soal tantangan berikut ini.

Soal tantangan 1
Sebuah proyek bangunan dimulai pada tanggal 1 januari 2012 harus selesai dalam waktu 100 hari pada tanggal 10 april 2012 dengan pekerja 24 orang. Karena suatu hal proyek tersebut terhenti selama 20 hari dan sudah berjalan selama 5 hari. Agar selesai pada tanggal 10 april 2012 berapa tambahan pekerja yang diperlukan?

Soal Tantangan 2
Seekor ayam menghabiskan makanan 1 karung konsentrat selama 120 hari, sedangkan seekor angsa mampu menghabiskan makanan 1 karung konsentrat selama 24 hari. Berapa hari 1 karung konsentrat akan habis jika seekor ayam ditambah seekor angsa? Dan berapa hari akan habis jika 1 karung konsentrat tersebut dimakan oleh seekor ayam ditambah 2 ekor angsa?

Demikian cara menghitung perbandingan berbalik nilai. Mohon maaf jika ada kesalahan kata mapun perhitungan dalam postingan di atas. Untuk contoh soal-soal tentang perbandingan berbalik nilai yang lain silahkan baca postingan Mafia Online yang berjudul "Contoh Soal Perbandingan Berbalik Nilai" dan "Cara Cepat Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai".

Subscribe to receive free email updates:

63 Responses to "Cara Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai"

Saadah Irfana said...

Proyek Perbaikan Jalan Harus Selesai Selama 22 hari dengan pekerja sebanyak 24 orang.Setelah 10 hari pelaksanaan,proyek tersebut dihentikan selama 4 hari karena suatu hal.Jika kemampuan bekerja setiap orang sama dan proyek selesai tepat waktu,maka diperlukan pekerja tambahan Sebanyak.....Orang

Mafia Lover said...

penyelesaian:

22 hari => 24 oang
22 - 10 - 4 hari => x

22 hari/8 hari = x /24 orang
x = 24 orang x 22 hari/8 hari
x = 66 orang

Tambahan pekerja: 66 orang - 24 orang = 42 0rang

Jadi tambahan pekerja adalah 42 orang

penk amakusa said...

sebuah sklh sdng drenovasi. renovasi dprkirakan slsai dlm 75 hri krj, yg dkrjakan oleh 21 pekerja.
stlh 15 hr krja, 3 org skt shngga tdk dpt bkrja.
brp hr mndurnya pnyelesaian pkrjaan renovasi sklh?

Echa Mafia Lover said...

saya berikan dua cara untuk mengejakan soal seperti ini

CARA PERTAMA:

Beban kerja 75 hari = 75 hari x 21 pekerja = 1575 hari.pekerja

Beban kerja 15 hari = 15 x 21 = 315 hari.pekerja

Sisa beban kerja = 1575 - 315 = 1260 hari.pekerja.

Sisa pekerjaan ini akan diselesaikan oleh 18 pekerja dalam waktu :

1260 hari pekerja/18 pekerja = 70 hari

Jadi total waktu yg diperlukan = 15 + 70 = 85 hari atau mondur 10 hari dari rencana.


CARA KEDUA:

60 hari = 21 pekerja

y hari = 18 pekerja

60 x 21 = y x 18

y = 70 hari

jadi total yang diperlukan adalah 70 hari + 15 hari = 85 hari

mndurnya pnyelesaian pkrjaan renovasi sklh adalah 85 hari - 75 hari = 10 hari

Baik menggunkan cara yang pertama maupun yang kedua akan menghasilkan jawabn yang sama.

Anonymous said...

soal tantangan 2
1 ayam + 1 angsa ---> 20 hari
1 ayam + 2 angsan ---> 11 hari

Dwi Heri Murtiningsih said...

anonymous
cara gimana nih? kook bs ketmu jwbannya

tugino.abuafifah said...

Diketahui 10 kambing menghabiskan 10 keranjang rumput dalam waktu 10 hari. Dengan demikian, 20 kambing akan menghabiskan 20 keranjang rumput dalam waktu ... hari.

Anonymous said...

20 hari

Luh Gede said...

Misal Ayam = A, dan Angsa = B
1A -->120 H
1B -->24 H

Maka 1B = 120/24 A
.........1B = 5A

1A+1B -->x ..
1A + 5A -->x
6A --> x

Sehingga :
1A -->120
6A -->x ---> x = 120/6
.....................= 20 Hari

Jadi 1 ayam dan 1 angsa habis selama 20 hari

1A + 2B = 1A + 10A = 11A
Sehingga :
1A -->120
11A -->y

y = 120/11
y = 10,91 hari

1 ayam dan 2 angsa habis selama 10,91 hari

www.nurlatief.blogspot.com said...

Tanya Pak ;
Ayah memilki ayam 80 ekor dengan persediaan pakan 20 hari, setelah 2 minggu ayamnya dijual 20. persediaan pakan akan habis ... hari lagi.
a. 12 b. 10 c. 8 d.6

Luh Gede said...

Beban pakan untuk 80 ekor = 80 ekor x 20 hari = 1600 ekor.hari

Beban pakan untuk 20 ekor = 20 ekor x 14 hari = 280 ekor.hari

Sisa beban pakan = 1600 - 280 = 1320 ekor.hari

Sisa pakan yang dihabiskan oleh 60 ekor ayam dalam waktu :

1320 ekor.hari/60 ekor = 22 hari

Jadi, pakan akan habis lagi = 22 - 14 = 8 hari (jawabannya C)

Anonymous said...

numpang tanya
perbadingan ikan bandeng dan ikan tongkol yang di pelihara pak kasidi adalah 8:5 jika jumlah ikan bandeng 600 dan ikan tongkol adalah ... ekor
a.925 b.975 c.875,d.775

bagaimana ya cara hitung nya baiasanya dengan

8/8+5 X 600 ..tapi hasilnya tidak ada ..

Luh Gede said...

Maaf ya, cara anda itu kurang benar. Begini caranya:

Ikan Bandeng : Ikan tongkol = 8 : 5

600 : ikan tongkol = 8 : 5

ikan tongkol = 600 x 5:8

ikan tongkol = 375 ekor

Coba anda baca pada postingan yang berjudul Tips menghitung perbandingan dengan cepat (klik di bawah artikel terkait). Semoga mmbantu.

Anonymous said...

kok ga ada jawabannya ya?

Luh Gede said...

Jangan terpaku sama pilihan jawabannya, yang penting anda mengerti dengan cara memperoleh jawabnnya. Saya sering menemui soal seperti itu. Semangat ya, jangan menyerah. Terima kasih sdah berkunjung ke blog ini.

Anonymous said...

terima kasih banyak atas bantuannya.

firyal afra nada said...

maaf, menurut saya jawaban anda salah.
kalau menurut saya:

hari pekerja
22
10 24
12
4 24
8 n

12/8 = 24/n
=> 12/8 = n/24
=> 12 x 24 /8
=> 36
=> 36 - 24 = 12
Jadi, tambahan pekerja adalah 12 orang


(Karna behenti hanya 4 hari sedangkan total seluruh pekerja saja ada 24, ga mungkin tambahannya 42)kebanyakan broo..!

Luh Gede said...

Terima kasih buat Mafia Lover yang sudah mencoba untuk menjawab dari Saadah Irfana tentang perbandingan berbalik nilai. Terima kasih juga buat firyal afra nada yang sudah mengkoreksi jawaban Mafia Lover. Ya jawaban dari firyal afra nada sudah benar. Untuk menjawab soal tesebut kita dapat gunakan 2 cara yaitu:

Cara pertama:

22 hari => 24 pekerja
12 hari => 24 pekerja (setelah dikuarangi 10 hari)
8 hari = x ( setelah dikurangi 4 hari)

12/8 = 24/x
x = 12/8 x 24 pekerja = 36 pekerja

Jadi diperlukan tambahan pekerja sebanyak 36 - 24 = 12 orang (sama seperti jawaban firyal afra nad)


Cara kedua:
kita jawab dengan beban kerja.
Beban kerja 22 hari = 22 hari x 24 pekerja = 528 hari.pekerj
Beban kerja 10 hari = 10 x 24 = 240 hari.pekerja
Sisa beban kerja = 528 - 240 = 288 hari.pekerja.

sialnya jatah waktu berkurang 4 hari, jadi waktu yang tersisa: 22-10-4 = 8 hari. jadi dalam 8 hari ke depan dengan beban kerja sama dibutuhkan: :

288 hari.pekerja/8 pekerja = 36 hari

Karena pekerja sudah ada 24 orang maka butuh tambahan: 6-36-24 = 12 orang

Baik dengan cara pertama maupun dengan cara kedua akan menghasilkan jawaban yang sama.

Anonymous said...

numpang tanya gpp kan,,...: jika ibu susi menyapu halaman membutuhkan waktu 2 jam, tetapi kalau bu wati membutuhkan waktu 3 jam. berapa lama waktu yang mereka butuhkan jika menyapu bersama -sama?

Luh Gede said...

Pertanyaan yang bagus, soal anda ini hampir sama seperti Soal Tantangan 2 perbandingan berbalik nilai pada postingan ini. Berikut saya berikan solusinya:

Misal:
bu Susi = S, dan bu Wati = W, jadi:
1S = 2 jam
1W = 3 jam

Maka
1W = (2/3) S

maka waktu (x) yang diperlukan jika bu susi ditambah bu wati:
1S+1W = x ..
1S + (2/3)S = x
(5/3) S = x

Sehingga :
1S = 2
(5/3)S = x
dengan menggunakan perbandingan berbalik nilai maka:
x = 2/(5/3)
x = 6/5 jam = 1,2 jam

Jadi lama waktu yang mereka butuhkan jika menyapu bersama-sama adalah 1,2 jam

Yan Ang said...

trims ya. bro... blognya sngt membantu saya!!

ADE HARIS HIMAWAN said...

10 orang dalam 5 hari bisa membuat 90 pakaian, 15 orang dalam 8 hari dapat membuat berapa pakaian ya...? tolong yang bisa jawab ya...trims.

Anonymous said...

Ini soal perbandingan seharga (senilai).

(10 orang x 5 hari)/90 pakaian = (15 orang x 8 hari)/ x
50/90 = 120/x
x = 120 x (90/50)
x = 216 pakaian

Anonymous said...

Perbaikan sebuah jembatan direncanakan selesai dalam waktu 50 hari dengan 15 pekerja. Setelah dikerjakan 10 hari, pekerjaan dihentikan selama 15 hari. Supaya perbaikan jembatan selesai tepat waktu, banyaknya pekerja tambahan yang diperlukan adalah …… orang

Anonymous said...

udah betul tuh jawabannya LUH GEDE...
bayangkan ajah, untuk angka 8 dari 8:5 adalah 600...masak angka 5 dari 8:5 lebih banyak dari 600??? gak mungkin, karena jawaban yang tersedia semuanya lebih dari 600, maka jawaban yang ada pada soal adalah SALAH....

kalau yang ditanyakan adalah jumlah total keseluruhan antara bandeng dan tongkol, maka jawaban yang bener adalah B. 975, hasil dari 600 bandeng ditambah dengan 375 tongkol....

Anonymous said...

Mohon penjelasan pada soal berikut :
Suatu pekerjaan bila diselesaikan oleh pekerja A memerlukan waktu 6 hari. Jika dikerjakan oleh pekerja a dan B memerlukan waktu 4 hari. Bila dikerjakan oleh A, B, C memerlukan waktu 2 hari. Berapa hari yang diperlukan bila dikerjakan oleh pekerja A dan C ?

Luh Gede said...

50 hari => 15 pekerja
40 hari => 15 pekerja (setelah dikuarangi 10 hari)
25 hari => x ( setelah dikurangi 15 hari)

40/25 = x/15
x = 40/25 x 15 pekerja =24 pekerja

Jadi diperlukan tambahan pekerja sebanyak 24 - 15 = 9 orang

Eilia Goffer said...

A => 6 hari
A+B => 4 hari
A+B+C => 2 hari

Cari terlebih dahulu berapa hari yang diperlukan untuk B
1/A+1/B = 1/4
1/6+1/B = 1/4
1/B = 1/4-1/6
1/B = 6/24 - 4/24
1/B = 2/24
B = 12 hari

Sekarang cari berapa hari untuk C:
1/A+1/B+1/C = 1/2
1/6+1/12+1/C = 1/2
2/12+1/12+1/C = 6/12
1/C = 6/12-2/12-1/12
1/C = 3/12
C = 4 Hari

Sekarang cari untuk A dan C:
1/A+1/C = 1/6+1/4
1/A+1/C = 10/24
A+C = 2,4 hari

Anonymous said...

10 hari

Anonymous said...

numpang tanya gan. ada pertanyaan. ada 6 orang pekerja yang menyelesaikan pekerjaaan mengecat rumah dalam 8 hari. Berapa pekerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan mengecat rumah dalam waktu 1/2 hari??

Reinard Lucky said...

Wew, makasih bgt nih jadi cepet ngertinya buat belajar UTS bsk xD

Anonymous said...

Tolong, bro.
Ada soal.
Bila 3 laki dan 4 wanita dpt menyelesaikan sebuah karpet dlm 43 hri. Brp hri selesai jika dkerjakan 7 laki dan 5 wanita?
Thanks.

Anonymous said...

6 orang => 8 hari
x orang => 1/2 hari

x orang = 6 orang . 8 hari/(1/2 hari)
x orang = 96 orang

Anonymous said...

Anggap laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan yang sama dalam menyelesaian sebuah karpet, maka
3+4 => 43 hari
7+5 => x hari

X hari = 43 hari . 7/12 = 25 hari

Anonymous said...

A dan B bekerja bersama-sama dapat mengerjakan suatu pekerjaan selama 8 hari. A dapat mengerjakan 4 hari lebih lama dari B, apabila pekerjaan itu dikerjakan sendiri-sendiri. Berapa harikah waktu yang diperlukan oleh masing-masing apabila pekerjaan itu dikerjakan sendiri-sendiri?

Luh Gede said...

Missal waktu yang diperlukan A = x maka waktu yang diperlukan B = x – 4
1/A+ 1/B = 1/8
1/(x) + 1/(x-4)= 1/8
Di kali 8(x)(x-4)
8(x-4) + 8(x) = (x)(x-4)
8x-32 + 8x = x2-4x
x2 - 20 x +32 = 0
(x-10)2 = -32 + 100
(x-10)2 = 68
x= 10±√68
x=10±8,3
x= 18, 3 atau x = 1,7
A= 18,3 hari , maka B= 14,3 hari
A= 1,7 hari , maka B= 1,7 4= -2,3 (Tidak Mungkin)

Jadi waktu yang diperlukan oleh si A adalah 18,3 hari dan si B adalah 14,3 hari

OM said...

Tenaga profsnl sbnyk 3 org bisa slesai 20 hr, kl nonprofsnl 5 org bs slsai 40 hr. Brp hr akn slsai kl d krjkn 2 profsnl dan 2 nonprofsnl

Luh Gede said...

Missal tenaga professional = A dan non professional = B, maka
3A -->20 H
5B -->40 H

Maka
5B . 40 H = 3A . 20 H
200B = 60A
B = 60A/200
B = 0,3 A
2A+2B -->x ..
2A + 0,6A -->x
2,6A --> x

Sehingga :
3A -->20
2,6A --> x

Maka,
x = 3A.20/2,6A
x = 23 Hari

Jadi , jika d krjkn 2 profsnl dan 2 nonprofsnl akan selesai slma 23 hr

Anonymous said...

Pada kegiatan Rally, sebuah mobil akan sampai di garis finish dalam waktu 4,5 jam dengan kecepatan rata-rata 63 km/jam. Setelah 2 jam berjalan, ban mobil biru pecah sehingga terpaksa berhenti mengganti ban selama 15 menit. Berapa kecepatan mobil biru dinaikkan agar tetap sampai di finish tepat waktu?

mohon bantuannya..

Luh Gede said...

Sisa waktu = 4,5 jam – 2 jam – 15 menit = 2,25 jam
4,5 jam ---> 63 km/jam
2,25 jam -- -> ?
? = (4,5 jam. 63 km/jam)/ 2,25 jam
? = 126 km/jam

Anonymous said...

terima kasih kak :)

Anonymous said...

Mau tanya nih, diperhitungkan bahwa 2 kerbau dpt menggarap tanah seluas 1Ha selama 6 jam. Jika tdapat 4 kerbau, maka untuk menggarap tanah seluas 4Ha dibutuhlan waktu selama?
trima kasih sebelumnya

Regita ayu cahyani said...

kak kalo inigimana cara nyelesaikannya
a:b berbalik nilai dengan c:d nilai bd = 175 nilai a = 5 tentukan nilai d ?

Luh Gede said...

a:b berbalik nilai dengan c:d, maka:
a/b = d/c
a = d = 5
b = c = 35

Luh Gede said...

12 jam

Anonymous said...

kalo ini gimana kak
jika dalam sebuah ruangan terdapat 1001 orang dengan perincian terdapat pria dewasa,wanita dewasa,serta anak2
dengan perbandingan pria : wanita adalah 2 : 3 dan perbandingan wanita : anak-anak adalah 1 : 2
tentukan jumlah masing2 dari pria,wanita, dan anak2

Luh Gede said...

Ini bukan perbandingan berbalik nilai tetapi perbandingan senilai atau seharga.
misal P = pria, W = wanita, dan A = anak-anak, maka:
P/W = 2/3 => P = 2W/3
W/A = 1/2 => A = 2W

P + W + A = 1001
2W/3 + W + 2W = 1001
2W/3 + 3W/3 + 6W/3 = 1001
11W/3 = 1001
11W = 3003
W = 3003/11
W = 273 orang

P = 2W/3
P = 2.273/3
P = 182 orang

A = 2W
A = 2.273
A = 546 orang

Jadi, jumlah masing-masing dari pria,wanita, dan anak-anak adalah 182 orang, 273 orang, dan 546 orang

Anonymous said...

mohon bantuannya:
Jika amir dan budi bekerja sama maka 1 pekerjaan akan diselesaikan dalam waktu 10 hari. Apabila budi dan cecep bekerja sama maka pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 15 hari, sedangkan apabila dikerjakan amir dan cecep maka pekerjaan akan diselesaikan dalam 12 hari. Berapa hari yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut apabila ketiganya mengerjakan secara bersama-sama? terima kasih sebelumnya.

Luh Gede said...

8 hari

Anonymous said...

pembangunan sebuah jalan bebas hambatan yg dikerjakan oleh 48 org akan selesai dlm jangka waktu 30 hari. setelah 15 hari berjalan terjadi hujan lebat disertai badai. sehingga pekerjaan dihentikan selama 16 hari. agar pekerjaan selesai tepat waktu, brp tenaga kerja yg harus ditambahkan?

a. 80 org
b. 58 org
c. 32 org
d. 20 org

klo bisa kasih tau caranya. sekian dan terimakasih

Luh Gede said...

Terima kasih sudah berkunjung. Soal tesebut sama seperti soal pada postingan yang berjudul Cara Cepat Perbandingan Berbalik Nilai Contoh soal no 1. Silahkan klik tautannya.

Erma Septiana said...

Mau nanya dong .
Ada 3 orang a,b, c bekerja membuat keranjang, dan masing-masing untuk membuat 45 keranjang. A membutuhkan waktu 90 menit b membutuhkan 75 menit dan c membutuhkan 45 menit . Sekarang a bekerja terlebih dahulu selama 1 jam 40 menit kemudian setelah itu a istitahat kemudian dilanjutkan oleh b dan c . Sehingga 3 orang tersebut dihasilkan 180 keranjang . Jumlah jam kerja b dan c adalah 3 jam . B dan c masing-masing bekerja berapa jam ? .
Makasih tolong jawaban sama pembahsannyabiya

Anonymous said...

A dan B = 8 hari

8 hari = A // B

B = 16 (karna 16//16=8 (rangkaian listrik))

A = 16-4 = 12

jadi kalo lama di kerjakan sendiri-sendiri
A = 12 hari ; B = 16 hari :D

Anonymous said...

kak aku dah pke CARA CEPAT PERBANDINGAN BERBALIK NILAI contoh soal 1
tapi gk ada jawabannya tuh

ini soalnya
Suatu pekerjaan dikerjakan oleh 12 orang dan direncanakan selesai dalam waktu 25 hari. oleh karena kehabisan bahan baku, pekerjaan terhenti saat memasuki hari ke 16 selama 2 hari. agar pekerjaan selesai pada waktunya maka jumlah pekerja yang harus di tambah adalah

a. 5 orang
b. 4 orang
c. 3 orang
d. 2 orang

tolong pake penjelasannya ya kak
Terima Kasih

Luhde Hidayanti said...

Terima kasih sudah berkunjung. Soal yang adik ajukan sudah saya pos pada postingan yang berjudul Cara Cepat Perbandingan Berbalik Nilai Contoh soal no 5. Silahkan klik tautannya.

Anonymous said...

makasih kak sebelumnya
tapi kok 10 . 20 = 8 . x
trus hasilnya 120 = 8 . x
seharusnya kan 12 bkan 20 kan kak

Luhde Hidayanti said...

Ya seharusnya 12 bukan 20. Terima kasih sudah membantu mengoreksi postingan tersebut.

Anonymous said...

kalo yang masalah kayak begini paling gampang langsung aja di paralel hitungannya.. :),

1 ayam 1 angsa,
= 120//24 = ((120x24) : (120+24)) = 20 hari
1 ayam, 1 angsa, 1angsa
= 120//24//24 = 20//24 (20 dari yang sudah di hit. sebelumnya)

=10.91

Anonymous said...

kak klo kyak gini trus gmana ???

Sebuah proyek dikerjakan oleh 6 pekerja dan direncanakan selesai selama 15 hari. Namun pada hari ke-9 sampai 13, proyek diliburkan. Agar proyek selesai tepat pada waktunya, maka tambahan pekerja yang harus ditambah adalah

a. 8 orang
b. 10 orang
c. 12 orang
d. 15 orang

tolong pake penjelasannya ya kak :)

Luhde Hidayanti said...

Soal yang adik ajukan sudah saya pos pada postingan yang berjudul Cara Cepat Perbandingan Berbalik Nilai Contoh soal no 6. Silahkan klik tautannya.

kusuma suardana said...

A : --> 90 menit = 45 keranjang
1 mnit = 1/2 keranjang --- > dalam 1 jam 40' = 100 mnit= 50 keranjang
sisa keranjang = 180-50 = 130 keranjang.
B:-> 1 mnit = 45/75 = 3/5 keranjang
C:-> 1 mnit = 45/45 = 1 keranjang
..
B+C = 3 jm = 180 menit
B = 180 - c
dalam 1 mnit
3/5 B + C = 130
3/5 (180-C) + C = 130
108 +2/5 C = 130
2/5 C = 22
C= 5/2 (22)= 55 menit
B = 180 - 55 = 125 mnit.

Anonymous said...

P: W = 2:3
W: A = 1:2 = 3:6 (perbandingan wanita dijadikan angka yg sama)
P:W: A = 2:3:6
P = 2/11 * 1001 = 182 orang dewasa pria
W = 3/11 *1001 = 273 orang dewasa wanita
A = 6/11 *1001 = 546 anak

Hasilnya sama cuma lebih singkat

Luhde Hidayanti said...

Ternyata bisa dibuat singkat. Terima kasih gan sudah berbagi cara yang baru dan lebih singkat.