website statistics Kecepatan Rata-Rata dan Kelajuan Rata-Rata

Kecepatan Rata-Rata dan Kelajuan Rata-Rata


Pernahkah anda melihat Speedometer? Jika anda pernah menggunkan sepeda motor pasti anda melihatnya, entah itu anda sadari atau tidak. Speedometer berada didepan sepeda motor. Speedometer merupakan alat  yang digunakan untuk mengukur kecepatan sesaat sepeda motor bukan untuk mengukur kecepatan rata. Apa itu kecepatan sesaat? dan apa itu kecepatan rata-rata?
Ini merupakan salah satu bentuk Speedometer yang digunakan sebagai alat mengukur kecepatan sesaat
Sumber Gambar: Phoneky


Pada kesempatan ini Mafia Online akan membahas mengenai apa itu kecepatan rata-rata. Kecepatan rata-rata didefinisikan sebagai perpindahan yang ditempuh terhadap waktu. Jika suatu benda bergerak sepanjang sumbu-x dan posisinya dinyatakan dengan koordinat-x, secara matematis persamaan kecepatan rata-rata dapat ditulis sebagai berikut

Kalau kita berbicra kecepatan maka kita akan nyambung dengan kelajuan, terkadang kecepatan tersebut hampir sama dengan kelajuan. Kelajuan rata-rata merupakan jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut


Contoh soal kecepatan dan kelajuan rata-rata
Leo berlari dengan rute ACB, dari posisi A pada x1 = 2 m menuju ke arah kanan dan sampai pada posisi x2 = 8 m di titik C, kemudian berbalik ke posisi x3 = 7 m di titik B, jika waktu yang digunakan adalah 2 sekon, berapakah kecepatan dan kelajuan rata-rata Leo?


Pembahasan
Diketahui :
A x1 = 2 meter (posisi awal)
B x2 = 7 meter (posisi akhir)
Δt = 2 sekon
Ditanya :
a. kecepatan rata-rata
b. kelajuan rata-rata
Jawab :
a) Δx = xakhir – xawal
= 7 – 2 = 5 m
kecepatan rata-rata: Δx/ Δt
kecepatan rata-rata: 5m/ 2s
kecepatan rata-rata: 2,5 m/s
Jadi, kecepatan rata-rata Leo adalah 2,5 m/s.

b) sACB = sAC + sCB = 6 m + 1 m = 7 m
tACB = 2 sekon
kelajuan rata-rata (v) = s/t
kelajuan rata-rata (v) = 7 m/2 s
kelajuan rata-rata (v) = 3,5 m/s
Jadi, kelajuan rata-rata Leo sebesar 3,5 m/s.

Dari contoh soal di atas, terlihat perbedaan antara kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata. Kecepatan rata-rata ditentukan dengan melihat arah geraknya, sedangkan kelajuan rata-rata tidak bergantung pada arah geraknya.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kecepatan Rata-Rata dan Kelajuan Rata-Rata"

Anonymous said...

syukron ats artikel'a..
sangat brmanfaat..
izin uk mngcopy..
afwan

syukron

Luh Gede said...

Ya silahkan, tapi ingat isi link balik ke blog ini agar blog Anda tidak hapus Google Dinosaurus. Sekarang banyak terjadi penghapusan blog yang dilakukan secara sepihak dan tanpa ampun oleh Mbah Google. Terima kasih atas kunjungannya.