Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)











Coba kamu perhatikan apabila sebuah pesawat terbang pada saat mendarat, bagaimanakah kecepatannya? Tentu saja kecepatannya semakin mengecil dan akhirnya diam. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatannya berubah secara teratur tiap detik. Kamu tentunya masih ingat bahwa perubahan kecepatan tiap detik adalah percepatan. Dengan demikian, pada GLBB benda mengalami percepatan secara teratur atau tetap.
Hubungan antara besar kecepatan (v) dengan waktu (t) pada gerak lurus berubah beraturan (GLBB) ditunjukkan pada grafik di bawah ini.


Jika vo menyatakan kelajuan benda mula-mula (t = 0) dan vo menyatakan kelajuan benda pada waktu t, maka kelajuan rata-rata benda (v) dapat dituliskan berikut ini.


 Jadi perpindahan yang ditempuh benda pada GLBB adalah sebahai berikut:
         s = v0.t + ½ a.t2
s menyatakan jarak yang ditempuh benda yang bergerak dengan percepatan tetap a selama waktu t dari kedudukannya mula-mula.



Contoh soal GLBB
Sebuah mobil melaju dengan kecepatan 72 km/jam dalam waktu 2 menit mengalami percepatan 5 m/s2. Tentukan jarak yang ditempuh dan kelajuan akhirnya!

Pembahasan
Diketahui :
v0 = 72 km/jam = 20 m/s
t = 2 menit = 120 sekon
a = 5 m/s2
Ditanya : s dan vt
Jawab :
s = v0.t + ½ a.t2
= 20 . 120 + ½ 5 (120)2
s = 36240 m
vt = v0 + a t
vt = 20 + (5.120)
vt = 620 m/s
Jadi, jarak yang ditempuh sebesar 36240 m dan kelajuan akhirnya sebesar 620 m/s.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.