Pengertian Sorbitol dan Apa Dampak yang Ditimbulkan?


Menurut kamuskesehatan.com, pengertian sorbitol adalah sebuah gula alkohol dengan 4 kalori per gram. Nama “sorbitol” berasal dari Sorbus, nama ilmiah untuk sejenis genus dari tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan-tumbuhan bergenus sorbus inilah yang menghasilkan sorbitol. Tumbuhan lain yang juga menghasilkan sorbitol adalah rumput laut dan buah-buahan seperti plum. Selain dari bahan alam, sorbitol juga bisa dibuat secara sintetis.


Sumber Gambar: www.pastrychef.com

Sorbitol masuk dalam kelas senyawa yang disebut poliol. Poliol adalah alkohol yang memiliki beberapa ikatan hidroksil (-OH) dalam strukturnya. Molekul sorbitol terdiri dari enam rantai atom karbon dengan satu hidroksil melekat pada setiap atom karbon.

Sorbitol itu bisa larut dalam air. Larutan sorbitol memiliki rasa manis dan tekstur mirip sirup. Tingkat rasa manis sorbitol kira-kira setengah dari manis gula tebu. Sorbitol dapat berfungsi sebagai sumber energi ketika dicerna, serta digunakan sebagai pengganti gula dalam berbagai produk makanan (Bumbata).

Menurut Healthy_com, minuman yang mengandung sorbitol dalam jumlah tinggi, terutama sorbitol buatan, bisa mengganggu sistem pencernaan. Jenis minuman pertama mengandung sorbitol yang perlu diwaspadai adalah sirup, obat batuk anak, soda dan jus buah dalam kemasan.

Sirup Bersobitol
Sirup yang dijual dipasaran ada berbagai macam rasa. Untuk menimbulkan rasa manis pada sirup biasanya ditambhakan sorbitol. Sirup bersorbitol yang dikonsumsi terlalu sering dapat menimbulkan kerusakan gastrointestinal. Jika ada yang menjual sirup mengandung sorbitol janganlah terlalu sering mengkonsumsinya walaupun belum ada larangan dari pemerintah Indonesia. Jika “dikonsumsi secara wajar” tidak akan menimbulkan masalah.

Obat Anak Berbentuk Sirup
Anak anda menderita batuk? Jangan sembarangan memberikan obat batuk pada anak anda, karena banyak obat batuk anak yang beredar mengandung sorbitol. Tujuan penambahan sorbito pada obat batuk adalah agar anak-anak mau minum obat batuk tersebut. Anak-anak akan suka dengan obat batuk tersebut karena ada efek rasa manis yang ditimbulkan oleh sorbitol.
Sebelum membeli obat batuk untuk anak coba baca terlebih dahulu kandungan yang ada di dalamnya. Jika mengandung sorbitol coba cari obat batuk lain, gunakanlah secukupnya kalau terpaksa anda menggunakannya (jika tidak ada obat batuk lain yang tidak mengandung sorbitol). Memang batuk anak akan hilang tapi akan muncul efek lain dari obat batuk yang mengandung sorbitol yaitu diare.

Minuman bersoda
Minuman bersoda juga dibuat dengan sorbitol dan bisa menimbulkan diare, terutama pada anak-anak yang memiliki pencernaan sensitif.

Jus Buah Dalam Kemasan
Kebanyakan jus buah yang dijual di swalayan mendapatkan tambahan sorbitol untuk meningkatkan rasa. Dan sama seperti minuman bersorbitol lain, jus buah dalam kemasan juga dapat memicu masalah pada sistem pencernaan terutama pada anak-anak.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Pengertian Sorbitol dan Apa Dampak yang Ditimbulkan?"

  1. Bagaimana dengan Pemanis sorbitol dlm Tropicana slim yg setiap hari dikonsumsi penderita diabetis,pagi siang,sore?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya tahu Tropicana Slim terbuat dari jagung (menurut iklan di TV sih). Terus terang saya belum pernah beli atau mengkosumsi Tropicana slim.

      Delete
    2. gimana nih kalo pelembut cake mengNDung sarbitol.., gmn efek ke cake n kesehatan kita?

      Delete
    3. Sorbitl tersebut jika "dikonsumsi secara wajar" tidaklah berbahaya. Terima kasih atas partisipasinya.

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.