Apa itu Percepatan dan Perlambatan?


Sebelumnya kita sudah mengulas tentang apa itu kecepatan dan kelajuan. Nah pada kesempatan ini Mafia Online akan membahas mengenai percepatan dan perlambatan. Apa itu Percepatan dan Perlambatan?

Suatu benda akan mengalami percepatan apabila benda tersebut bergerak dengan kecepatan yang tidak konstan dalam selang waktu tertentu. Misalnya, ada sepeda yang bergerak menuruni sebuah bukit memiliki suatu kecepatan yang semakin lama semakin bertambah selama geraknya. Gerak sepeda tersebut dikatakan dipercepat. Contoh lain adalah gerakan roket, di mana pada awalnya roket teresebut dalam keadaan diam (kecepatan nol), setelah gas hidrogen dinyalakan roket tersebut bergerak dengan kecepatan yang terus betambah (kecepatannya lebih dari nol).

Roket pada awalnya diam kecepatan nol, setelah gas hidrogen yang ada di dalam roket dinyalakan, kecepatan roket bertambah. Perubahan kecepatan inilah yang disebut sebagai percepatan.
Sumber gambar: blogs.discovermagazine.com

Perubahan kecepatan inilah yang sering disebut dengan percepatan atau perlambatan. Jadi percepatan atau perlambatan adalah kecepatan tiap satuan waktu. Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut.
Percepatan = kecepatan/waktu atau a = v/t
Keterangan:
a = percepatan (m/s2)
v = kecepatan (m/s)
t = waktu (s)
Percepatan merupakan besaran vektor. Percepatan dapat bernilai positif (+a) dan bernilai negatif (-a) bergantung pada arah perpindahan dari gerak tersebut. Percepatan yang bernilai negatif (-a) sering disebut dengan perlambatan. Pada kasus perlambatan, kecepatan v dan percepatan a mempunyai arah yang berlawanan.

Berbeda dengan percepatan, percepatan rata-rata didefinisikan sebagai perubahan kecepatan terhadap selang waktu. Percepatan rata-rata memiliki nilai dan arah. Perhatikan Gambar berikut

Berdasarkan grafik terlihat bahwa hubungan antara perubahan kecepatan terhadap waktu adalah linier. Artinya perubahan kecepatan (Δv) pada setiap ruas di dalam grafik dibagi dengan selang waktu (Δt) akan menghasilkan sebuah nilai tetap, yang disebut percepatan rata-rata. Percepatan rata-rata dari grafik tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.
Percepatan rata-rata = Perubahan kecepatan/Selang waktu
Atau
a = Δv/Δt
Keterangan:
Δv = perubahan kecepatan (m/s)
Δt = perubahan waktu (s)
a = percepatan rata-rata (m/s2)

Soal Percepatan rata-rata
Sebuah bus kota pada detik pertama bergerak dengan kecepatan 7 m/s. Pada detik kedua kecepatannya menjadi 9 m/s. Berapakah percepatan rata-rata bus kota tersebut?

Pembahasan
Diketahui :
v1 = 7 m/s
v2 = 9 m/s
t1 = 1 s
t2 = 2 s

Ditanya : percepatan rata-rata (a)
Jawab :
a = v2-v1/t2-t1
a = (9m/s-7m/s)/(2s-1s)
a = 2 m/s2
Jadi, percepatan rata-rata bus kota adalah 2 m/s2.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Percepatan dan Perlambatan?"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.