website statistics Pengertian Persamaan Linear Satu Variabel

Pengertian Persamaan Linear Satu Variabel

Iklan
Iklan

Masih ingatkah Anda dengan kalimat terbuka dan himpunan menyelesaikan kalimat terbuka? Kalimat terbuka adalah kalimat yang memuat variabel dan belum diketahui nilai kebenarannya, sedangkan himpunan penyelesaian dari kalimat terbuka adalah himpunan semua pengganti dari variabel-variabel pada kalimat terbuka sehingga kalimat tersebut bernilai benar (silahkan baca pernyataan, kalimat terbuka dan himpunan penyelesaian). Sekarang coba perhatikan kalimat terbuka x + 2 = 9.

Jika diperhatikan kalimat terbuka x + 2 = 9 dihubungkan oleh tanda sama dengan (=). Kalimat terbuka yang dihubungkan oleh tanda sama dengan (=) disebut dengan istilah persamaan. Persamaan dengan satu variabel berpangkat satu atau berderajat satu disebut persamaan linear satu variabel.

Berdasarkan contoh dan penjelasan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian persamaan linear satu variabel adalah kalimat terbuka yang dihubungkan oleh tanda sama dengan (=) dan hanya mempunyai satu variabel berpangkat satu. Bentuk umum persamaan linear satu variabel adalah ax + b = 0 dengan a 0.  

Persamaan Linear Satu Variabel

Untuk memantapkan pemahaman Anda tentang pengertian persamaan linear satu variabel silahkan simak contoh soal di bawah ini. Semoga Anda tambah paham.

Contoh Soal
Dari kalimat berikut, tentukan yang merupakan persamaan linear satu variabel.
a. x + y + z = 20
b. 3x2 + 2x – 5 = 0
c. x + 9 = 12
d. 3x – 2 = 7
e. p2 – q2 = 16
f. 2x – y = 3

Penyelesaian:
a. x + y + z = 20, variabel pada persamaan x + y + z = 20 ada tiga, yaitu x, y
dan z, sehingga x + y + z = 20 bukan merupakan persamaan linear satu variabel.

b. 3x2 + 2x – 5 = 0, variabel pada persamaan 3x2 + 2x – 5 = 0 adalah x berpangkat 1 dan 2. Karena terdapat x berpangkat 2 maka persamaan 3x2 + 2x – 5 = 0 bukan merupakan persamaan linear satu variabel.

c. x + 9 = 12, variabel pada x + 9 = 12 adalah x dan berpangkat 1, sehingga persamaan x + 9 = 12 merupakan persamaan linear satu variabel.

d. 3x – 2 = 7, variabel pada 3x – 2 = 7 adalah x dan berpangkat 1, sehingga persamaan 3x – 2 = 7 merupakan persamaan linear satu variabel.

e. p2 – q2 = 16, variabel pada persamaan p2 – q2 = 16 adalah p dan q berpangkat 2. Karena terdapat dua variabel dan berpangkat dua maka persamaan p2 – q2 = 16 bukan merupakan persamaan linear satu variabel.

f. 2x – y = 3, variabel pada persamaan 2x – y = 3 ada dua, yaitu x dan y, sehingga 2x – y = 3 bukan merupakan persamaan linear satu variabel.

Demikian postingan Mafia Online tentang pengertian persamaan linear satu variabel (PLSV). Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dalam postingan di atas. Salam Mafia.
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Persamaan Linear Satu Variabel"