website statistics Apakah Usaha itu dan bagaimana menghitung usaha secara fisika?

Apakah Usaha itu dan bagaimana menghitung usaha secara fisika?


Pernahkah anda mendengar kata usaha? Coba perhatikan kalimat berikut ini. 1) Jika anda ingin sukses maka usaha yang gigih sangat perlu. 2) Budi memerlukan usaha sebesar 100 Joule untuk memindahkan meja. Dari kedua pernyataan tersebut apakah ada perbedaan pengertian usaha?

Pengertian usaha dalam fisika berbeda dengan pengertian usaha dalam kehidupan sehari-hari. Dalam fisika, agar usaha dapat berlangsung, maka harus ada gaya yang dikerahkan hingga menempuh jarak tertentu. Jadi usaha dalam ilmu fisika didefinisikan sebagai besarnya gaya F yang digunakan untuk memindahkan benda sejauh s. Bagaimana menghitung besarnya usaha?

Coba perhatikan pernyataan berikut ini: Eka memindahkan TV ke ruang tamu, sedangkan Rafi memindahkan vas bunga ke ruang tamu dan menaruhnya di samping TV. Dari pernyataan tersebut siapa yang melakukan usaha paling besar?

Besar usaha yang dilakukan bergantung pada besar dan arah gaya yang dikerahkan dan perpindahan benda selama gaya dikenakan. Dari pernyataan tersebut Eka yang paling banyak melakukan usaha, karena untuk memindahkan TV ke ruang tamu perlu gaya yang besar untuk mengangkatnya daripada membawa vas bunga ke ruang tamu.

Ketika sebuah gaya bekerja pada arah yang sama dengan arah gerak benda, usaha dapat dihitung dengan cara:
usaha = gaya x jarak
atau
W = F x d
Satuan untuk usaha sama dengan energi yaitu joule. Satu joule sama dengan satu newton meter (N.m), yakni besarnya usaha yang dilakukan ketika gaya satu newton bekerja sepanjang satu meter.

Terdapat 2 faktor yang harus diingat bila memutuskan apakah terdapat usaha yang dilakukan oleh suatu benda: benda harus bergerak, dan arah gerakannya tidak tegak lurus dengan arah gaya yang dikerahkan. Jika Eka mengangkat TV dan di bawa ke ruang tamu, Eka melakukan usaha terhadap TV itu. TV tersebut berpindah ke ruang tamu, sesuai dengan arah gaya yang dikerahkan.

Sekarang coba perhatikan pernyataan berikut ini. Iwan mendorong sebuah tembok dengan tenaga yang besar namun tembok tersebut tetap diam (tidak bergerak). Dari pernyataan tersebut apakah iwan melakukan usaha?
Sumber gambar: allyou.com

 Iwan mendorong tembok akan tetapi tidak ada usaha yang dilakukan terhadap tembok, walaupun gaya dorong tetap dikerahkan, tetapi tidak ada gerakan yang terjadi.

Perhatikan bahwa pada saat usaha dilakukan pada sebuah benda, selalu terjadi perubahan gerakan pada benda itu. Telah kamu ketahui bahwa gerak merupakan salah satu bentuk energi. Jadi usaha merupakan pemindahan energi melalui gerak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Usaha itu dan bagaimana menghitung usaha secara fisika?"