website statistics Penerapan Dalam Soal Keliling dan Luas Segitiga

Penerapan Dalam Soal Keliling dan Luas Segitiga

Sebelumnya Mafia Online sudah membahas mengenai cara mencari rumus luas dan keliling segitiga pada umumnya. Sekarang pada postingan ini akan membahas contoh soal tentang segitiga dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Soal
Sebuah syal berbentuk segitiga sama kaki dengan panjang sisi yang sama 12 cm dan panjang sisi lainnya 30 cm. Jika tinggi syal tersebut 9 cm, tentukan
  1. keliling syal;
  2. luas syal.

Penyelesaian:
Dari keterangan pada soal di atas, dapat digambarkan sebagai berikut



  1. Keliling syal = 12 cm + 12 cm + 30 cm = 54 cm
  2. Luas syal = ½ x alas x tinggi
    Luas syal = ½ x 30 cm
    x 9 cm
    Luas syal = 135 cm


Itu contoh soal untuk segitiga sama kaki. Bagaimana mencari luas dan keliling segitiga sama sisi? Silahkan baca pada postingan cara mencari luas segitiga sama sisi . . . .


Soal lagi. . Soal Lagi
  1. Sebuah taman berbentuk segitiga sama kaki dengan panjang sisi yang sama 5 m, panjang sisi lainnya 12 m, dan tinggi 7 m. Jika taman tersebut akan ditanami rumput dengan biaya Rp60.000/m2, hitunglah keseluruhan biaya yang diperlukan.
  2. Sebidang tanah berbentuk segitiga dengan panjang tiap sisi tanah berturut-turut 4 m, 5 m, dan 7 m. Di sekeliling tanah tersebut akan dipasang pagar dengan biaya Rp85.000,00 per meter. Berapakah biaya yang diperlukan untuk pemasangan pagar tersebut?
Ingin tahu jawabannya? Silahkan baca pada postingan contoh soal dan pembahasan luas dan keliling segitiga. Jika Anda masih memiliki kendala dalam mempelajari konsep segitiga dan contoh soalnya silahkan tanyakan di kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya dan salam Mafia.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Penerapan Dalam Soal Keliling dan Luas Segitiga"

Bentina Simanjuntak said...

Berapa keliling sebuah segitiga jika yang diketahui salah satu sisinya 27cm?

Luh Gede said...

bentuk segitiganya seperti apa? sama sisi ya?