Perbedaan Jarak dengan Perpindahan

Pada postingan sebelumnya Mafia Online sudah mengulas tentang pengertian jarak dan perpindahan. Pada postingan kali ini Mafia Online akan mengulas tentang perbedaan jarak dengan perpindahan. Apa perbedaan jarak dengan perpindahan?

Jika dilihat dari sudut pandang definisi maka jarak didefinisikan sebagai panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda dalam selang waktu tertentu, sedangkan perpindahan didefinisikan sebagai perubahan kedudukan suatu benda. Misalnya, Wahyuno akan membuat layang-layang kemudian ia membeli perlengkapan untuk membuat layang-layang tersebut ke toko di sekitar rumahnya. Ia berjalan sejauh 40 m dari rumahnya ke arah utara menuju toko A untuk membeli kertas. Kemudian dari toko A ia berjalan sejauh 30 m ke arah timur menuju toko B untuk membeli lem. Dapatkah Anda hitung berapa jarak dan perpindahan yang ditempuh oleh Wahyuno untuk menuju toko B?

Misalkan rumah Wahyuno kita beri tanda titik R, toko A titik A dan toko B titik B, maka jika digambarkan akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Perbedaan Jarak dengan Perpindahan

Berdasarkan definisi dari jarak, maka panjang lintasan yang ditempuh oleh Wahyuno yakni panjang lintasan dari rumah wahyuno sampai ke toko A kemudian ditambahkan dengan panjang lintasan dari toko A sampai ke toko B, maka:
Jarak = RA + AB
Jarak = 40 m + 30 m
Jarak = 70 m
Jadi, jarak yang ditempuh oleh Wahyuno dari rumahnya sampai ke toko B yakni 70 m. Bagaimana dengan perpindahannya?

Berdasarkan definisi perpindahan, maka perubahan kedudukan Wahyuno dari rumah sampai ke toko B yakni dari titik R sampai titik B. Sekarang kita akan mencari panjang RB dengan menggunakan teorema phytagoras, maka:
RB2 = RA2 + AB2
RB2 = 402 + 302
RB2 = 1600 + 900
RB2 = 2500
RB = √2500
RB = 50 m
Jadi perpindahan Wahyuno dari rumah sampai ke toko B adalah 50 m.

Untuk memantapkan pemahman Anda tentang konsep jarak dan perpindahan silahkan kerjakan soal latihan berikut ini.

Soal Latihan
Perhatikan gambar di bawah ini

Contoh Soal Jarak dan Perpindahan

Sebuah benda mula-mula bergerak dari titik A dengan mengikuti garis dan berhenti di titik G, tentukan jarak dan perpindahan benda tersebut.

Nah itu merupakan perbedaan jarak dan perpindahan berdasarkan definisi. Jika dilihat dari sudut pandang besaran, maka jarak merupakan besaran skalar dan perpindahan merupakan besaran vektor. Di mana besaran skalar merupakan besaran yang memiliki nilai saja, sedangkan besaran vektor merupakan besaran yang memiliki nilai sekaligus arah (silahkan baca perbedaan besaran skalar dan vektor)


Demikian postingan Mafia Online tentang perbedaan jarak dengan perpindahan. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Jarak dengan Perpindahan"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.