Pola Bilangan Pada Segitiga Pascal


Segitiga pascal ini sudah anda pelajari pada saat kelas VII, materi ini sangat penting dipelajari karena hampir disetiap jenjang di SMP dapat materi ini. Bahkan sampai jenjang SMA pun materi ini akan muncul kembali. Perlu anda ketahui bahwa susunan bilangan pascal telah dikenal di Cina kira-kira tahun 1300. Susunan bilangan itu dinamakan Segitiga Pascal, setelah matematikawan Perancis, Blaise Pascal mempublikasikan pola ini pada tahun 1653.

Bilangan-bilangan yang disusun menggunakan pola segitiga Pascal memiliki pola yang unik. Hal ini disebabkan karena bilangan yang berpola segitiga Pascal selalu diawali dan diakhiri oleh angka 1. Selain itu, di dalam susunannya selalu ada angka yang diulang.

Adapun bentuk dari bilangan pada segitiga itu tampak dalam di bawah ini. 

Jika diamati dengan cermat, bilangan-bilangan yang terdapat pada segitiga Pascal memiliki pola tertentu, yaitu dua bilangan yang berdekatan dijumlahkan untuk mendapatkan bilangan pada baris selanjutnya. Segitiga Pascal dapat digunakan untuk menentukan koefisien pada suku banyak (x + y)n dengan n bilangan asli. Ini sudah anda pelajari waktu kelas VII dan Kelas VIII semester I (silahkan anda baca tips mengerjakan soal perpangkatan bentuk aljabar dengan menggunakan konsep segitiga pascal)

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Pola Bilangan Pada Segitiga Pascal"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.