website statistics Pengertian Benda Tegar Secara Fisika

Pengertian Benda Tegar Secara Fisika

Sebelum membahas konsep kesetimbangan benda tegar lebih lanjut kita harus tahu apa yang dimaksud dengan benda tegar. Kita telah ketahui akibat yang ditimbulkan jika sebuah benda dikenai gaya, salah satunya adalah terjadi perubahan bentuk. Untuk benda tegar jika dikenai gaya tidak akan terjadi perubahan bentuk. Jadi pengertian benda tegar adalah suatu benda jika dikenai gaya ataupun momen gaya tidak mengalami perubahan bentuk.

Apakah benda tegar benar-benar ada di dunia ini? Sebenarnya benda tegar hanyalah suatu model idealisasi dan dalam dunia nyata benda seperti itu tidak ada. Pada dasarnya semua benda akan mengalami perubahan bentuk apabila dipengaruhi oleh suatu gaya atau momen gaya. Akan tetapi, perubahan yang ditimbulkan akibat gaya sangatlah kecil, maka pengaruhnya terhadap keseimbangan statis dapat kita abaikan.

Sekarang coba perhatikan gambar di bawah ini !
contoh benda tegar dan bukan benda tegar

Pada gambar di atas terdapat dua benda, di mana kedua benda tersebut bentuk dan ukurannya sama. Akan tetapi, benda A terbuat dari baja dan benda B terbuat dari tanah liat yang agak lembek. Kira-kira apakah yang akan terjadi jika benda itu diputar dengan memegang salah satu ujung dari benda tersebut? Tentunya benda A bentuknya relatif tetap (tidak berubah), sedangkan benda B akan mengalami perubahan bentuk. Pada putaran dengan frekuensi tertentu benda B akan meregang dan tidak kembali pada bentuk semula. Jadi, dapat dinyatakan bahwa benda A adalah benda tegar dan benda B bukan benda tegar.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa benda tegar merupakan sebuah benda tidak akan mengalami perubahan bentuk jika dikenai gaya maupun momen gaya. Apa itu momen gaya?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Benda Tegar Secara Fisika"