Hubungan Panjang Sisi Dengan Besar Sudut Pada Segitiga

Mafia Online sudah memposting cara mengetahui sebuah bangun berbentuk segitiga tanpa mengetahui atau melihat gambarnya dengan menggunakan konsep ketidaksamaan segitiga. Sekarang kita akan membahas mengenai bagaimana hubungan panjang sisi segitiga dengan besar sudut pada segitga.

Agar Anda mengetahui hubungan antara besar sudut dengan panjang sisi pada suatu segitiga, Anda dapat membuktikannya dengan melakukan kegiatan berikut ini. Coba Anda buat sebarang segitiga, misalnya segitiga ABC seperti gambar berikut ini.
Bagaimana hubungan antara sudut A dengan sisi BC, sudut B dengan sisi AC, dan sudut C dengan sisi AB? 

Dengan menggunakan busur derajat, ukurlah panjang setiap sudutnya, yaitu sudut A, sudut B, dan sudut C. Kemudian dengan menggunakan penggaris, ukurlah masing-masing panjang sisinya, yaitu AB, BC, dan AC. Amatilah besar sudut dan panjang sisi dari segitiga tersebut. Jika Anda melakukannya dengan tepat, kalian akan memperoleh bahwa
  1. sudut B merupakan sudut terbesar dan sisi di hadapannya, yaitu sisi AC merupakan sisi terpanjang;
  2. sudut C merupakan sudut terkecil dan sisi di hadapannya, yaitu sisi AB merupakan sisi terpendek.

Apa yang dapat Anda simpulkan dari kegiatan di atas?

Dari pembuktian di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pada setiap segitiga berlaku sudut terbesar terletak berhadapan dengan sisi terpanjang, sedangkan sudut terkecil terletak berhadapan dengan sisi terpendek.

Untuk memantapkan pemahaman Anda mengenai hubungan panjang sisi segitiga dengan besar sudut dalam segitiga, silahkan baca "Contoh soal dan pembahasan hubungan panjang sisi segitiga dengan besar sudut dalam segitiga". Semoga soal-soal tersebut membantu pemahaman anda mengani hubungan antara panjang sisi segitiga dengan besar sudut pada segitiga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hubungan Panjang Sisi Dengan Besar Sudut Pada Segitiga"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.