Pengertian dan Contoh Soal Ketidaksamaan Segitiga

Sebelumnya Mafia Online sudah membahas menganai pengertian dan jenis-jenis segitiga, sifat-sifat segitiga secara umum, dan juga sifat-sifat segitiga khusus (istimewa). Sekarang kita akan membahas bagaimana mengatahui suatu bangun tersebut berbentuk segitiga jika tidak diberikan contoh gambarnya? Untuk mengetahuinya anda harus paham dengan konsep ketidaksamaan segitiga. Apa itu ketidaksamaan segitiga?


Agar Anda dengan mudah memahami ketidaksamaan segitiga coba Anda lakukan kegiatan berikut.
  1. Silahkan anda membuat sebarang segitiga dari kertas karton. Namailah dengan segitiga ABC. Sisi di hadapan sudut A, berilah nama sisi a. Sisi di hadapan sudut B, berilah nama sisi b. Demikian pula dengan sisi sudut C.
  2. Lalu ukur panjang masing-masing sisinya dan catat hasilnya.
  3. Silahkan jumlahkan panjang sisi a dan b. Kemudian, bandingkan dengan panjang sisi c. Manakah yang lebih besar? Bandingkan pula panjang sisi a + c dengan panjang sisi b. Demikian pula, bandingkan panjang sisi b + c dengan panjang sisi a.


Jika anda melakukannya dengan benar, anda akan memperoleh kesimpulan seperti berikut. Pada setiap segitiga selalu berlaku bahwa jumlah dua buah sisinya selalu lebih panjang daripada sisi ketiga. Jika suatu segitiga memiliki sisi a, b, dan c maka berlaku salah satu dari ketidaksamaan berikut.
(1) a + b > c
(2) a + c > b
(3) b + c > a
Nah, ketidaksamaan tersebut disebut ketidaksamaan segitiga.

Contoh Soal 
Tunggu update postingan selanjutnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Soal Ketidaksamaan Segitiga "

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.