website statistics Pengertian Tekanan dan Conto Soal

Pengertian Tekanan dan Conto Soal

Sebelum Anda mempelajari lebih jauh tentang apa itu tekanan, sebaiknya Anda menguasai konsep gaya. Syarat untuk memahami konsep tekanan adalah anda harus terlebih dahulu menguasai konsep gaya, karena tekanan erat kaitannya dengan gaya. 

Kamu mungkin pernah mengamati jejak-jejak kaki ayam dan bebek pada tanah basah. Walaupun massa ayam dan bebek itu sama, namun pengaruhnya terhadap tanah tersebut berbeda. Apa yang membuat berbeda?

Ayam dan bebek memiliki tekanan kaki yang berbeda,  walaupun keduanya memiliki massa yang sama 

Coba anda perhatikan luas kaki ayam dan bebek. Di mana kaki bebek memiliki luas permukaan yang lebih luas dibandingkan dengan kaki ayam. Untuk gaya berat yang sama, semakin kecil luas permukaan kaki, ternyata jejak kakinya semakin dalam. Hal yang membuat jejak kaki semakin dalam jika luas permukaannya semakin kecil adalah karena tekanannya lebih besar. Untuk berat (gaya) yang sama, semakin kecil luas permukaan maka semakin besar tekanan yang ditimbulkannya. Besaran dalam fisika yang mengkaitkan gaya dengan luas permukaan disebut tekanan. 

Perbandingan kaki ayam dan bebek,  luas permukaaan kaki bebek lebh besar dibandingakan kaki ayam

Tekanan dapat dihitung dengan membagi gaya yang dikerahkan dengan luas yang dikenai gaya tersebut. Pernyataan tersebut dapa dirumuskan: 

Tekanan = Gaya/Luas atau P=F/A

Bila gaya diukur dalam satuan newton (N) dan luas diukur dalam meter persegi (m2), maka tekanan diukur dalam satuan newton per meter persegi (N/m2). Pascal (Pa) adalah satuan SI untuk tekanan. Satu pascal tekanan adalah suatu gaya sebesar satu Newton per meter persegi. Seringkali tekanan diukur dalam satuan kilopascal (kPa). Satu kPa sama dengan 1000 Pa.

Contoh Soal

Sebuah kotak dengan berat 300 N dan luas alasnya 1,5 m2 diletakkan di atas lantai. Hitunglah tekanan antara kotak dan lantai?

Penyelesaian:
P = F/A
P = 300 N/1,5 m2

P = 200 N/m2
Jadi, tekanan antara kotak dan lantai adalah 200 N/m2

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Tekanan dan Conto Soal"

irsal efendi said...

ya mesti dilengkapi lagi