Keuntungan Menggunakan Jangka Sorong

Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter. Terdiri dari dua bagian, bagian diam dan bagian bergerak. Untuk cara menggunakan jangka sorong, silahkan baca postingan Mafia Online yang berjudul “Cara Penggunaan Jangka Sorong (Vernier Caliper). 

Keuntungan Menggunakan Jangka Sorong
Jangka sorong

Adapun keuntungan atau kelebihan jangka sorong sebagai alat ujur panjang daripada alat ukur lainnya yakni sebagai berikut.

 

1. Ketelitian Jangka Sorong

Dibandingan dengan alat ukur lainnya seperti mistar dan penggaris yang memiliki skala terkecil 0,1 cm atau 1 mm dengan tingkat ketelitian 0,05 cm atau 0,5 mm, jangka sorong memiliki skala terkecil 0,01cm atau 0,1mm dengan tingkat ketelitian 0,1 mm hingga 0,05 milimeter. Sehingga jangka sorong lebih teliti untuk mengukur panjang suatu benda dibandingkan menggunakan mistar atau penggaris.

 

2. Objek yang Diukur

Jangka sorong bisa digunakan untuk mengukur diameter bagian sisi luar suatu benda misalnya diameter cincin dan diameter mur baut. Cara pengukurannya dengan menjepit benda yang diukur. Tidak hanya mengukur diameter bagian luar benda lho, jangka sorong juga bisa digunakan untuk mengukur diameter bagian dalam suatu benda dengan cara di ulur. Bahkan kedalaman suatu lubang juga dapat diukur dengan menggunakan jangka sorong yakni dengan cara menacapkan atau menusukan bagian pengukur.

Keuntungan Menggunakan Jangka Sorong
Fungsi bagian-bagian jangka sorong

 

3. Harga dan Perawatan Jangka Sorong

Harga jangka sorong dipasaran sekarang cukup bersaing, mulai dari harga yang puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung bahan yang digunakan. Jika ingin membeli silahkan sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Selain harga yang murah, merawat jangka sorong juga sangat mudah sekali. Agar jangka sorong awet dan tidak cepat rusak, sebelum dan setelah selesai digunakan bersihkan jangka sorong, kemudian simpan di tempat yang telah disediakan.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Keuntungan Menggunakan Jangka Sorong"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.