website statistics Termometer Kelvin dan Fahrenheit Menunjukan Suhu Sama

Termometer Kelvin dan Fahrenheit Menunjukan Suhu Sama

Untuk mengetahui pada skala berapa termometer Kelvin dan Fahrenheit akan menunjukan skala yang sama, Anda harus pahami titik didih dan titik beku dari kedua termometer tersebut. Cara mencari suhu yang sama pada skala termometer sudah Mafia Online posting pada postingan sebelumnya yang berjudul “Suhu yang sama pada termometer”. Pada postingan tersebut hanya membahas tentang cara mencari skala yang sama pada termometer Celsius dengan Fahrenheit dan Reamur dengan Fahrenheit.

Sekarang perhatikan gambar skala pada termometer Kelvin dan Fahrenheit di bawah ini.

Termometer Kelvin dan Fahrenheit Menunjukan Suhu Sama
Skala Fahrenheit dan Kelvin

Kita ketahui bahwa titik beku pada termometer Fahrenheit berada pada skala 32 dan titik didik berada pada skala 212 sehingga banyaknya skala dari titik beku hingga titik didih ada sebanyak 180 skala (212 – 32 = 180), sedangkan untuk termometer Kelvin titik bekunya berada pada skala 273 dan titik didihnya berada pada skala 373 sehingga banyaknya skala dari titik beku hingga titik didih ada sebanyak 100 skala (373 – 273 = 100).

Dengan menggunakan konsep perbandingan senilai maka suhu yang sama pada skala termometer Kelvin dan Fahrenheit yakni:

Ingat K = F, maka:

Jadi, termometer Kelvin dan Fahrenheit menunjukan suhu sama pada skala 574,25.

Bagaimana? Mudah bukan mencari suhu yang sama pada skala termometer? Sekarang coba Anda cari, pada skala berapakah termometer Reamur dan Kelvin menunjukan skala yang sama? Silahkan baca juga tips dan trik mengerjakan soal konversi suhu.


Demikian uraian singkat dari Mafia Online tentang cara menghitung kapan termometer Kelvin dan Fahrenheit menunjukan skala yang sama. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Termometer Kelvin dan Fahrenheit Menunjukan Suhu Sama"