Contoh Soal dan Pembahasan Kedudukan Dua Garis


Berikut di bawah ini Mafia Online berikan beberapa contoh soal tentang kedudukan dua buah garis. Silahkan simak contoh soalnya dan jika ada masalah silahkan tanyakan di kolom komentar. Oke langsung saja ke contoh soal.

Contoh Soal 1
Perhatikan gambar di bawah ini
 
Pada gambar di atas, tentukan titik potong antara
a. garis m dan n;
b. garis m dan p;
c. garis n dan q;
d. garis m dan q.
Pasangan garis mana sajakah yang saling sejajar, berpotongan, atau bersilangan?

Penyelesaian:
Dua garis dikatakan saling berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan mempunyai satu titik potong. Dari definisi tersebut maka titik potong antara
a. garis m dan n adalah titik v
b. garis m dan p adalah titik y
c. garis n dan q adalah titik w
d. garis m dan q adalah titik z

Pasangan garis yang saling sejajar adalah garis p dan q, pasangan garis saling berpotongan adalah m dan b, m dan p, n dan q serta m dan q, tidak ada garis yang bersilangan.

Contoh Soal 2
Perhatikan gambar di bawah ini

Pada gambar di atas, tentukan semua garis yang bersilangan dengan garis

a. PR;
b. MQ;
c. KM.

Penyelesaian:
Dua garis dikatakan bersilangan apabila garis-garis tersebut tidak terletak pada satu bidang datar dan tidak akan berpotongan apabila diperpanjang. Dari definisi tersebut maka garis yang bersilangan dengan garis
a. PR adalah garis LN
b. MQ adalah garis KS
c. KM adalah garis QS

Contoh Soal 3
Perhatikan gambar di bawah ini


Tulislah semua pasangan garis yang saling sejajar.

Penyelesaian:
Dua garis atau lebih dikatakan sejajar apabila garis-garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan tidak akan pernah bertemu atau berpotongan jika garis tersebut diperpanjang sampai tak berhingga. Dari definisi tersebut maka pasangan garis yang saling sejajar yakni AB//DE, AC//DF, BC//EF, BE//CF, CF//AD, dan AD//BE.

Demikian contoh soal tentang kedudukan dua buah garis. Mohon maaf jika ada kata-kata atau jawaban yang salah dalam postingan di atas. Salam Mafia.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Contoh Soal dan Pembahasan Kedudukan Dua Garis"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.