website statistics Konsep dan Contoh Soal Hukum III Newton Tentang Gerak

Konsep dan Contoh Soal Hukum III Newton Tentang Gerak

Pada postingan sebelumnya, Mafia Online sudah membahas tentang hukum I Newton dan Hukum II Newton. Nah kali ini Mafia Online masih membahas hukum Newton yakni Hukum III Newton tentang gerak.

Dalam hukum yang ketiga Newton menjelaskan tentang adanya gaya aksi reaksi. Menurut Newton, setiap benda yang diberi gaya aksi pasti akan timbul gaya reaksi. Gaya reaksi ini juga bisa menjelaskan tentang keseimbangan alam. Sebagai contoh adalah ketika tangan kamu mendorong ujung meja. Bentuk tangan kalian menjadi berubah, bukti nyata bahwa sebuah gaya bekerja padanya. Kamu bisa melihat sisi meja menekan tangan kamu. Mungkin kamu bahkan bisa merasakan bahwa meja tersebut memberikan gaya pada tangan kamu.  Makin kuat kamu mendorong meja itu, makin kuat pula meja tersebut mendorong balik. Perhatikan bahwa kamu hanya merasakan gaya yang diberikan pada kalian, bukan gaya yang kalian berikan pada benda-benda lain.

Contoh lainnya yakni ketika mendorong tembok. Makin kuat kamu mendorong tembok maka makin kuat tembok tersebut mendorong kamu. Bukti adanya gaya yang diberikan oleh tembok, dapat kamu buktikan dengan cara mendorong tembok dengan memakai sepatu roda. Ketika kamu mendorong tembok maka kamu akan terdorong atau bergerak mundur, itu berarti tembok telah memberikan gaya kepada kamu ketika kamu memberikan gaya ke tembok.

Konsep dan Contoh Soal Hukum III Newton Tentang Gerak

 

Dari contoh di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dua gaya merupakan gaya aksi-reaksi jika kedua gaya tersebut memiliki sifat-sifat sebagai berikut.

a. sama besar

b. berlawanan arah

c. terjadi pada dua benda yang saling berinteraksi

 

Nah Hukum III Newton ini kadang dinyatakan sebagai hukum aksi-reaksi, “untuk setiap aksi ada reaksi yang sama dan berlawanan arah”. Untuk menghindari kesalahpahaman, sangat penting untuk mengingat bahwa gaya “aksi” dan gaya “reaksi” bekerja pada benda yang berbeda.

Apabila sebuah benda pertama mengerjakan gaya pada benda kedua, maka benda kedua mengerjakan gaya pada benda pertama sama besar dan arahnya berlawanan dengan arah gaya pada benda pertama tersebut. Hubungan antara gaya aksi dan reaksi dirumuskan sebagai berikut:

 

Faksi =  – Freaksi


(tanda negatif menunjukkan arah aksi berlawanan dengan arah reaksi).

 

Untuk memantapkan pemahaman kamu tentang konsep hukum III Newton silahkan pahami contoh soal di bawah ini.

 

Contoh Soal 1

Sebuah buku diletakkan di atas meja. Meja diletakkan di atas bumi. Massa buku adalah 2 kg jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 maka hitunglah besar gaya reaksi bumi terhadap buku.

 

Penyelesaian:

Gaya berat buku yakni:

w = m.g

w = (2 kg)(10 m/s2)

w = 20 N

jadi gaya aksi buku ke bumi w = 20 N.

 

Gaya reaksi bumi terhadap buku dapat digunakan persamaan:

Freaksi =  – Faksi

Freaksi = – 20 N (dengan arah dari bumi menuju buku).

 

Contoh Soal 2

Pada lomba dayung, pendayung memanfaatkan gaya aksi reaksi. Tentukan pasangan aksi-reaksi yang ada pada perlombaan dayung.

 

Penyelesaian:

Pada waktu mengayunkan dayung, pendayung mendorong air ke belakang. Gaya ke belakang air itu menghasilkan gaya yang sama tetapi berlawanan arah. Gaya ini menggerakan dayung ke depan.

 

Bagimana? Mudah bukan? Jika ada kendala dalam memahami konesp dan soal tentang Hukum III Newton, silahkan tanyakan di kolom komentar.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to " Konsep dan Contoh Soal Hukum III Newton Tentang Gerak "

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.