Periode dan Frekuensi Pada Gerak Melingkar


Sebuah benda atau partikel yang bergerak melingkar baik gerak melingkar beraturan ataupun yang tidak beraturan, geraknya akan selalu berulang pada suatu saat tertentu (silahkan baca juga: pengertian gerak melingkar). Dengan memperhatikan sebuah titik pada lintasan geraknya, sebuah partikel yang telah melakukan satu putaran penuh akan kembali atau melewati posisi semula.

Misalnya pada kegiatan olahraga di sekolah kalian bersama teman-teman kalian berlari mengelilingi lapangan sepak bola. Kemudian guru olahraga menghitung waktu satu putaran. Waktu yang dihitung dalam satu kali putaran inilah yang dinamakan periode. Mungkin gurunya menggunakan aturan lain yaitu memberi batasan waktu 45 menit dan menghitung dapat mengelilingi lapangan berapa kali. Banyaknya putaran tiap satu satuan waktu ini dinamakan frekuensi. Jadi, dapat didefinisikan bahwa frekuensi ( f ) adalah jumlah putaran tiap satuan waktu atau jumlah putaran per sekon, sedangkan periode (T ) adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh satu putaran.

Jika ditulis dalam persamaan yakni:
f = N/t
dan
T = t/N

Hubungan antara periode (T) dan frekuensi (f) adalah:
T = 1/f

Keterangan:
T = periode (sekon)
f = frekuensi (Hz)
N = jumlah putaran
t = waktu selama berputar (sekon)

Contoh Soal
Seorang siswa ingin mengetahui frekuensi dan periode putaran sebuah ban sepeda. Lalu sepeda dalam kedaaan diam diputar-putar bannya, dalam pengukurannya diketahui ban sepeda itu dalam 8 s dapat berputar 40 kali.
Periode dan Frekuensi Pada Gerak Melingkar

Tentukan:
a. frekuensi gerak ban sepeda,
b. periode gerak ban sepeda,
c. banyaknya putaran gerak ban sepeda selama 20 s

Penyelesaian:
t = 8 s
N = 40 kali

a. Frekuensi gerak ban sepeda dapat menggunakan persamaan:
f = N/t
f = 40/8
f = 5 Hz

b. Periode gerak ban sepeda dapat menggunakan persamaan:
T = t/N
T = 8/40
T = 0,2 s
atau dapat juga mengunakan rumus hubungan antara periode dan frekuensi yakni:
T = 1/f
T = 1/5
T = 0,2 s

c. Banyaknya putaran gerak ban sepeda selama 20 s yakni:
f = N/t
5 Hz = N/20 s
N = 5 Hz . 20 s
N = 100 putaran
Atau dapat juga dengan menggunakan persamaan:
T = t/N
N = t/T
N = 20/0,2
N = 100 putaran

Demikian pembahasan periode dan frekuensi pada gerak melingkar. Jika ada permasalahan dalam memahami materi ini silahkan tanyakan pada kolom komentar. Kita pasti bisa.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Periode dan Frekuensi Pada Gerak Melingkar"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.