Pengertian Gerak Melingkar

Gerak melingkar (circular motion) adalah gerak suatu benda yang membentuk lintasan berupa lingkaran mengelilingi suatu titik tetap. Contoh benda yang bergerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari yakni baling-baling kipas angin, komedi putar, jarum jam dinding, bulan mengelilingi bumi, dan lain sebagainya. Berdasarkan kecepatan sudutnya gerak melingkar dibedakan menjadi dua jenis yakni gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan.
Pengertian Gerak Melingkar
Gerak melingkar pada komedi putar
Gerak melingkar beraturan adalah gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran dengan laju konstan dan arah kecepatan tegak lurus terhadap arah percepatan. Contoh gerak melingkar beraturan yakni gerakan ujung jarum detik pada arloji. Jika kita perhatikan gerakan ujung jarum detik pada arloji, ternyata ujung jarum tersebut melakukan gerak melingkar dimana dalam selang waktu yang sama panjang lintasan yang ditempuh oleh ujung jarum (yang berupa busur lingkaran) adalah sama.


Sedangkan, gerak melingkar berubah beraturan adalah gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran dengan besar kecepatan (kelajuannya) berubah secara beraturan. Contoh gerak melingkar berubah beraturan yakni gerakan ban sepeda yang sedang menurun jalan raya tanpa direm. Pada saat sepeda menuruni jalan raya tanpa direm, perputaran ban sepeda makin cepat seiring dengan kelajuan sepeda tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Gerak Melingkar"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.