website statistics Pengertian Gerak, Perpindahan, dan Jarak

Pengertian Gerak, Perpindahan, dan Jarak

Dalam mempelajari konsep gerak lurus Anda harus paham dengan konsep gerak, perpindahan, dan jarak. Ketiga konsep tersebut dapat dikatakan sebagai konsep dasar dalam mempelajari materi kinematika gerak lurus.

Pengertian Gerak
Mungkin Anda tidak asing dengan istilah “gerak” karena hampir setiap hari Anda mengalaminya. Misalnya Anda pergi ke sekolah setiap pagi, seorang polisi menangkap penjahat yang sebelumnya mengatakan “jangan bergerak” agar penjahat tersebut tidak lari, dan pada saat kegiatan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia kita mengadakan lomba gerak jalan. Apa pengertian gerak secara fisika?

Secara fisika, suatu benda atau partikel dapat dikatakan bergerak apabila kedudukannya berubah terhadap titik acuan. Misalnya seorang pengedara sepeda motor bergerak setelah berhenti di lampu pengatur lalu lintas. Jika lampu pengatur lalu lintas dijadikan sebagai titik acuan maka pengedara dan motornya dikatakan bergerak terhadap lampu pengatur lalu lintas. Akan tetapi jika motor sebagai titik acuan, maka pengendara tersebut dikatakan tidak bergerak (diam) terhadap motornya.
Pengertian Gerak, Perpindahan, dan Jaraka
Pengemudi motor diam terhadap motornya sendiri

Pengertian Jarak
Jarak didefinisikan sebagai panjang lintasan sesungguhnya yang ditempuh oleh suatu benda yang bergerak. Untuk konsep jarak suatu titik atau benda secara lengkap, silahkan baca “Jarak Suatu Titik Atau Benda”. Dari konsep jarak ini, nanti akan menemukan dengan konsep kelajuan.

Pengertian Perpindahan
Perpindahan didefinisikan sebagai perubahan kedudukan suatu benda. Untuk konsep perpindahan suatu titik atau benda, sudah Mafia Online posting pada postingan sebelumnya. Silahkan baca “Perpindahan Suatu Titik Atau Benda”. Dari konsep perpindahan ini, nanti akan menemukan konsep kecepatan.

Nah berdasarkan postingan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dari konsep gerak secara fisika akan menemukan konsep jarak dan perpindahan. Di mana jarak didefinisikan sebagai panjang lintasan sesungguhnya yang ditempuh oleh suatu benda yang bergerak, sedangkan perpindahan didefinisikan sebagai perubahan kedudukan suatu benda.

Selain memiliki perbedaan secara definisi, jarak dan perpindahan juga berbeda jika dilihat dari besaran berdasarkan arah dan nilainya. Di mana jarak merupakan besaran skalar, sedangkan perpindahan merupakan besaran vektor.

Nah demikian postingan Mafia Online tentang pengertian gerak, jarak, dan perpindahan. Mohon maaf jika ada kata yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Gerak, Perpindahan, dan Jarak"