website statistics Pengertian Satuan Secara Fisika

Pengertian Satuan Secara Fisika

Sebelumnya anda sudah mempelajari tentang besaran secara fisika, baik itu besaran pokok maupun besaran turunan. Suatu besaran fisika tidak akan berati apa-apa jika besaran tersebut tidak dilengkapi dengan satuan. Misalnya jarak rumah budi ke sekolah 55. Anda pasti akan kebingungan karena tidak ada satuannya, mungkin anda akan mengira jarak rumah budi 55 km atau 55 m. Jadi jarak rumah budi tersebut belum pasti karena tidak dilengkapi dengan satuannya. Jika ditulis seperti ini “Jarak rumah budi ke sekolah 55 meter”. Meter itulah yang disebut dengan satuan. Jadi apa itu satuan secara fisika?

Seperti yang kita ketahui bahwa besaran adalah sesuatu yang dapat dinyatakan dengan angka atau nilai. Jadi besaran tersebut memerlukan sebuah angka. Angka dari besaran itu memerlukan pengiring. Panjang meja akan memiliki angka dengan pengiringnya. Tidak hanya panjang meja 150, tetapi panjang meja 150 cm. Tidak juga suhu tubuh orang yang sehat 37, tetapi suhu tubuh orang sehat 37 derajat Celsius. Begitu juga dengan besaran lainnya. Pengiring angka pada besaran itu disebut satuan. Jadi, satuan adalah ukuran dari besaran yang berupa angka atau nilai.

Untuk lebih memahami pengertian satuan, perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
a.       Panjang penggaris Budi 32 cm
c.       Eka Santika ke sekolah memerlukan waktu 30 menit
d.       Tinggi pintu Agus 10 depha

Kecepatan, panjang, waktu, tinggi merupakan besaran. Kemudian cm, menit dan depha merupakan satuan. Satuan dapat dibedakan lagi menjadi dua yaitu satuan baku dan satuan non baku. Silahkan baca selengkapnya pada postingan Mafia Online yang berjudul “satuan baku dan non baku

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Satuan Secara Fisika"