Pengertian Besaran Secara Fisika

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat dokter mengukur suhu badan pasien, waktu yang ditempuh oleh pelari, pedagang yang menimbang massa buah jeruk di pasar, pemandangan di pantai sangat indah, artis yang cantik, dan orang yang ramah. Suhu, waktu dan massa dapat diukur dengan alat dan dapat dinyatakan dengan angka. Oleh karena itu, Suhu, waktu dan massa merupakan besaran fisika atau besaran. Indah, cantik dan ramah bukan besaran fisika karena tidak dapat dinyatakan dengan angka dan tidak dapat diukur dengan alat.

Besaran adalah sesuatu yang dapat dinyatakan dengan angka atau nilai. Jadi agar besaran tersebut dapat dinyatakan dengan angka maka besaran tersebut harus didapat dari pengukuran. Misalnya besaran massa, untuk mendapatkan berapa besaranya massa suatu benda maka perlu dilakukan pengukuran yaitu dengan cara menimbangnya dengan neraca. Berbeda dengan orang ganteng, misalnya si A bilang si B ganteng tetapi belum tentu si C bilang kalau si B tersebut ganteng karena kegantengan sesorang tidak bisa dinyatakan dengan angka.

Di dalam fisika kita akan mengenal ada istilah besaran pokok, besaran turunan, besaran skalar dan besaran vektor. Apa beda ke empat besaran tesebut? Silahkan anda baca materi berikutnya. Semoga postingan ini mampu menambah pemahaman anda tentang pengertian besaran secara fisika.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Besaran Secara Fisika"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.