Pengertian dan Contoh Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan atau dijabarkan dari besaran pokok. Jadi untuk menguasai materi besaran, Anda terlebih dahulu harus memahami apa itu pengertian besaran pokok dan apa jenis-jenis dari besaran pokok. Kalau Anda belum paham tentang besaran pokok silahkan baca postingan definisi besaran pokok . . .

Besaran turunan adalah besaran yang dapat diturunkan atau didefinisikan dari besaran pokok. Satuan besaran turunan disesuaikan dengan satuan besaran pokoknya. Salah satu contoh besaran turunan yang sederhana ialah luas. Misalnya besaran turunan luas persegi panjang. Luas persegi panjang dapat kita ketahui dengan cara mengalikan antara panjang dan lebar. Jadi satuan luas adalah satuan panjang dikalikan satuan lebar atau satuan panjang dipangkatkan dua (m2). Satuan volume suatu balok adalah satuan panjang dikalikan satuan lebar dikalikan satuan tinggi atau satuan panjang dipangkatkan tiga (m3). Satuan kecepatan adalah satuan panjang dibagi satuan waktu (m/s).


Adapun massa jenis merupakan kombinasi besaran pokok massa dan besaran turunan volume. Selain itu, massa jenis merupakan turunan dari besaran pokok massa dan panjang. Untuk contoh-contoh yang lain tentang besaran turunan silahkan anda baca postingan jenis-jenis besaran turunan. . . . 
Anda baru saja membaca artikel dengan judul: "Pengertian dan Contoh Besaran Turunan". Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik. Punya artikel tentang “Mafia”, artikel tentang Aplikasi “Mafia” dalam kehidupan sehari-hari, soal-soal “Mafia”, Tips dan Trik mengerjakan Soal-Soal “Mafia”, Puisi “Mafia”, Pantun “Mafia”, atau yang lainnnya tentang “Mafia”? Jika ingin karyamu kami terbitkan di blog ini silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk “Mengirim Kreatifitas Anda
Posted by: Luh Gede 9:02 AM

No comments:

Post a Comment