Pengertian dan Contoh Besaran Turunan

Waktu duduk di bangku SMP atau yang sederajat kamu sudah mempelajari tentang besaran turunan dan contoh besaran turunan. Nah di bangku SMA atau yang sederajat kamu kembali akan mempelajari tentang besaran turunan dan contoh besaran turunan. Apa itu besaran turunan? Apa contoh besaran turunan? 

Untuk menjawab pertanyaan itu, kamu perlu kembali bernostalgia dengan pelajaran ilmu fisika atau ilmu IPA waktu duduk di bangku SMP.

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan atau dijabarkan dari besaran pokok. Jadi untuk menguasai materi besaran turuan, kamu harus paham atau mengerti apa itu besaran pokok dan jenis-jenis atau contoh besaran pokok. 

Kalau Anda belum paham tentang besaran pokok silahkan baca postingan Admin sebelumnya yang membahas tentang pengertian dan contoh besaran pokok.

Oke kembali lagi ke materi besaran turuan, di mana besaran turunan adalah besaran yang dapat diturunkan atau didefinisikan dari besaran pokok. Satuan besaran turunan disesuaikan dengan satuan besaran pokoknya. 

Salah satu contoh besaran turunan yang sederhana ialah luas. Misalnya besaran turunan luas persegi panjang. Luas persegi panjang dapat kita ketahui dengan cara mengalikan antara panjang dan lebar. Jadi satuan luas adalah satuan panjang dikalikan satuan lebar atau satuan panjang dipangkatkan dua (m2). 

Contoh besaran turunan yang lain yakni satuan volume, satuan kecepatan dan satuan massa jenis benda. Satuan volume suatu balok adalah satuan panjang dikalikan satuan lebar dikalikan satuan tinggi atau satuan panjang dipangkatkan tiga (m3). Satuan kecepatan adalah satuan panjang dibagi satuan waktu (m/s).

Pengertian dan Contoh Besaran Turunan
Luas papan merupakan contoh besaran turunan


Adapun massa jenis merupakan kombinasi besaran pokok massa dan besaran turunan volume. Di mana massa jenis merupakan pembagian antara massa benda dan volumen benda, sehingga memiliki satuan (kg/m3). Kita ketahui bahwa volume merupakan turunan dari besaran pokok panjang, maka massa jenis merupakan turunan dari besaran pokok massa dan panjang. 

Untuk contoh-contoh yang lain tentang besaran turunan silahkan baca postingan Admin yang berjudul 56 Contoh Besaran Turunan dan Satuannya
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Pengertian dan Contoh Besaran Turunan"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.