Contoh Pembahasan Soal Gerak Lurus (Kecepatan)

Contoh Soal Pembahasan Gerak Lurus (Kecepatan)
Ngebut mebahayakan diri sendiri.
Sumber Gambar: Facebook
Postingan tentang Contoh Pembahasan Soal Gerak Lurus (Kecepatan) ini Mafia Online buat sebagai bahan renungan untuk yang suka ngebut-ngebut di jalan (khususnya di pedesaan), apalagi jalan di pedesaan seringkali ada binatang yang tiba-tiba menyeberang jalan tanpa kita sadari sebelumnya. Postingan ini juga dibuat karena pengalaman pribadi penulis pada saat mengendarai sepeda motor di jalan di suatu desa yang tiba-tiba menyebrang seekor anjing peliharaan orang. Tentunya membuat saya kelabakan menginjak rem, dan untungnya kecepatan motor saya tidak begitu tinggi. Oke langsung saja ke contoh soalnya.

Contoh Soal 1
Apa yang terjadi bila anda mengendarai motor dengan kecepatan 120 km/jam lengah selama 3 detik dan tiba-tiba pada jarak 90 m di depan anda seseorang menyeberang jalan?

Penyelesaian:
Misalkan kecepatan motor = vm, waktu = tm dan jarak penyeberang = sp maka
vm = 120 km/jam = 33,33 m/detik
tm = 3 detik
sp = 90 m
maka jarak yang ditempuh oleh pengendara motor selama lengah 3 detik adalah:
sm = vm x tm
sm = 33,33 m/detik x 3 detik
sm = 100 m
Jadi motor tersebut menabrak penyeberang karena jarak penyeberang 90 m sedangkan motor menempuh jarak 100 m sehingga belum sempat mengerem motor tersebut sudah menabrak penyeberang.

Contoh Soal 2
Apa yang terjadi bila anda mengendarai motor lengah selama 3 detik dengan kecepatan 130 km/jam dan tiba-tiba pada jarak 150 m di depan anda seseorang menyeberang jalan?

Penyelesaian:
Caranya sama seperti contoh soal 1 di atas, misalkan kecepatan motor = vm, waktu = tm dan jarak penyeberang = sp maka
vm = 130 km/jam = 36,11 m/detik
tm = 3 detik
sp = 150 m
maka jarak yang ditempuh oleh pengendara motor selama lengah 3 detik adalah:
sm = vm x tm
sm = 36,11 m/detik x 3 detik
sm = 108,33 m
Jadi motor tersebut tidak menabrak penyeberang karena jarak penyeberang 150 m sedangkan motor menempuh jarak 108,33 m sehingga pengendara sempat mengerem motor supaya tidak menabrak penyeberang.

Contoh Soal 3
Seorang pemuda ngebut di jalan raya lurus dengan kecepatan 90 km/jam. Pemuda tersebut sepeda motornya tidak dilengkapi denga spion, sehingga pada saat melihat temannya dibelakang ia harus menoleh ke belakang. Pada jarak 100 m segerombolan sapi berjalan berjejer dengan panjang 10 m mulai menyeberang jalan yang lebarnya 4 m dengan kecepatan 1 m/s, pemuda tersebut menoleh ke belakang dalam selang waktu 4 detik. Apa yang akan terjadi dengan pemuda tersebut? Menabrak sapi atau tidak? Jelaskan!

Penyelesaian:
Untuk menyelesaikan soal di atas harus mengetahui jarak yang di tempuh oleh pemuda selama menoleh kebelakang dalam waktu 4 detik dan jarak yang ditempuh oleh sapi pada saat bersamaan. Misalkan kecepatan pemuda = vp, waktu pemuda= tp, jarak yang ditempuh pemuda = sp, kecepatan sapi = vs, waktu sapi = ts, jarak yang ditempuh sapi = ss, dan panjang gerombolan sapi = d, dalam hal ini ts = tp = t maka
vp = 90 km/jam = 25 m/detik
t = 4 detik
vs = 1 m/s
d = 10 m

Jarak yang ditempuh oleh pemuda selama meneoleh ke belakang adalah:
sp = vp x t
sp = 25 m/detik x 4 detik
sp = 100 m
Jadi selama menoleh ke belakang pemuda tersebut sudah menempuh jarak 100 m

dan jarak yang ditempuh oleh sapi selama pemuda tersebut meneoleh ke belakang adalah:
ss = vs x t
ss = 1 m/detik x 4 detik
ss = 4 m
Jadi sapi tersebut sudah menempuh jarak 4 m selama pemuda tersebut menoleh ke belakang. Karena panjang jejeran sapi 10 meter maka masih ada 6 meter jejeran sapi di jalan dan pemuda tersebut pasti menabrak jejeran sapi tersebut.

Demikian postingan Mafia Online tentang contoh pembahasan soal tentang gerak lurus (kecepatan). Saran dari Mafia Online adalah janganlah kebut-kebutan di jalan karena selain membahayakan diri sendiri juga dapat membahayakan orang lain sebagai pengguna jalan. Semoga postingan ini bermanfaat buat kita semua.

Tolong share artikel ini ke: Facebook Twitter Google+
Anda baru saja membaca artikel dengan judul: "Contoh Pembahasan Soal Gerak Lurus (Kecepatan)". Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik. Punya artikel tentang “Mafia”, artikel tentang Aplikasi “Mafia” dalam kehidupan sehari-hari, soal-soal “Mafia”, Tips dan Trik mengerjakan Soal-Soal “Mafia”, Puisi “Mafia”, Pantun “Mafia”, atau yang lainnnya tentang “Mafia”? Jika ingin karyamu kami terbitkan di blog ini silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk “Mengirim Kreatifitas Anda
Posted by: Hidayanti 2:05 AM

2 comments:

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif