Cara Mencari Keliling dan Luas Layang-Layang

Mungkin Anda tidak asing dengan benda yang namanya "layang-layang" atau "layangan". Benda tersebut sering dimainkan oleh anak-anak bahkan orang dewasa pun suka memainkannya. Tahukah anda berapa minimal panjang tali atau benang yang diperlukan untuk menghubungkan sisi layang-layang? dan berapa minimal luas kertas yang diperlukan untuk menutup permukaan layang-layang?

Untuk mengetahui berapa minimal panjang tali atau benang yang diperlukan untuk menghubungkan sisi layang-layang, Anda harus paham dengan konsep keliling layang-layang. Sedangkan, untuk mengetahui berapa minimal luas kertas yang diperlukan untuk menutup permukaan layang-layang, Anda harus paham dengan konsep luas layang-layang.

Sekarang perhatikan gambar di bawah ini! Gambar di bawah ini merupakan bentuk kerangka layang-layang dari gambar di atas.
Keliling (K) layang-layang ABCD pada gambar di atas dapat dicari dengan menjumlahkan semua sisinya, yakni:
K = AB + BC + CD + DA
K = x + x + y + y
K = 2x + 2y
K = 2(x + y)

Nah, untuk menentukan luas layang-layang kita bisa gunakan konsep luas segitiga. Pada layang-layang ABCD pada gambar di atas dibentuk dari dua segitiga sama kaki yaitu segitiga ABC dan segitiga ADC, maka luas layang-layang dapat ditentukan yakni:
Luas ABCD = luas ΔABC + luas ΔADC
L  = (½ x AC x OB) + (½ x AC x OD)
L = ½ x AC x (OB + OD)
L = ½ x AC x BD

Dari penjelasan di atas, maka secara umum keliling (K) dan luas (L) layang-layang dengan panjang sisi pendek y dan panjang sisi panjang x serta diagonalnya masing-masing d1 dan d2 adalah:
K = 2(x + y)
L = ½ x d1 x d2

Untuk memantapkan konsep keliling dan luas layang-layang perhatikan contoh soal berikut ini.

Contoh Soal
Perhatikan gambar di bawah ini.
Diketahui layang-layang KLMN dengan panjang KO = 16 cm, LO = 12 cm, dan MO = 24 cm seperti tampak pada gambar di atas. Tentukan panjang KL, panjang MN, keliling KLMN, dan luas KLMN 

Penyelesaian: 
Dengan menggunakan teorema phytagoras maka:
KL2 = KO2 + LO2 
KL2= 162 + 122 
KL2 = 256 + 144 
KL2 = 400 
KL = 400 = 20 cm 

MN2 = NO2 + MO2
MN2= 122 + 242 
MN2= 144 + 576 
MN = 720
MN = 125 cm 

Keliling KLMN= KL + LM + MN + KN 
Keliling KLMN = (20 + 125 + 125 + 20) cm 
Keliling KLMN = (40 + 245) cm 

Luas KLMN = ½ x KM x LN 
Luas KLMN = ½ x 40 cm x 24 cm 
Luas KLMN  = 480 cm

Mau contoh soal yang lain tentang layang-layang? Silahkan baca postingan Mafia Online yang berjudul:
  
Jika Anda sudah paham dengan contoh soal di atas sekarang coba kerjakan soal latihan tentang layang-layang di bawah ini.

Latihan 1
Pada gambar di bawah ini diketahui XZ = 9 cm, WZ = 9 cm, dan VZ = 24 cm. Hitunglah luas layang-layang VWXY. 
 

Latihan 2 
Diketahui luas suatu layang-layang adalah 192 cm2. Jika diagonal d1 dan d2 memiliki perbandingan d1 : d2 = 2 : 3, tentukan panjang diagonal d1 dan d2.

Demikian postingan Mafia Online tentang cara menghitung keliling dan luas layang-layang. Mohon maaf jika ada kata-kata atau perhitungan yang salah dari postingan di atas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencari Keliling dan Luas Layang-Layang"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.