website statistics Aplikasi Gelombang Elektromagnetik Sinar Gamma pada Kehidupan Sehari-hari

Aplikasi Gelombang Elektromagnetik Sinar Gamma pada Kehidupan Sehari-hari

Sinar gamma biasanya dilambangkan dengan huruf latin γ, merupakan salah satu gelombang elektromagnetik. Dalam spektrumnya menempati tingkatan dengan frekuensi terbesar yaitu 1020 Hz sampai 1025 Hz atau dengan panjang gelombang terpendek yakni 10-17 m sampai 10-12 m. 
Aplikasi Gelombang Elektromagnetik Sinar Gamma pada Kehidupan Sehari-hari

Sifat yang dimiliki sinar gamma adalah energi yang besar sehingga daya tembusnya sangat kuat. Sinar gamma mempunyai daya tembus yang paling kuat dibanding gelombang-gelombang yang masuk dalam kelompok gelombang elektromagnetik. Sinar gamma dapat menembus pelat besi yang tebalnya beberapa cm. Sinar gamma ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Adapun manfaat dari sinar gamma antara lain.

Menyembuhkan Tumor, Kanker, dan Kelainan Lain

Sinar gamma dapat digunakan untuk membunuh sel kanker dan tumor serta kelainan lainnya yang dikenal dengan sebutan gamma knife. Gamma Knife merupakan suatu metode terapi sinar gamma yang digunakan untuk pengobatan tumor dan kelainan-kelainan lainnya di otak tanpa membuka tulang tengkorak. Radiasi sinar gamma ini digunakan untuk menghancurkan sel-sel yang sakit sementara menjaga sel-sel lainnya yang masih sehat. Serangkaian Sinar Gamma dipancarkan langsung pada sel yang terkena kanker untuk dimusnahkan.

Membunuh Bakteri

Sinar gamma merupakan gelombang elektromagnetik yang memiliki energi tinggi yang dapat membunuh bakteri, sehingga sering digunakan untuk mensterilisasi makanan, minuman dan peralatan dokter sebelum melakukan operasi. Penggunanaan sinar gamma untuk membunuh organisme dikenal dengan istilah irradiation. Dosis sinar gamma yang dipakai juga tidak merusak sel makanan, sehingga gizi makanan tidak berkurang. Makanan jadi tahan lama karena tidak ada bakteri yang merusak makanan dan tentunya rasa makanan sama dengan aslinya. Makanan iradiasi tidak berbahaya bagi manusia.

Pembentukan Bibit Unggul Tanaman

Pembentukan bibit unggul pada tanaman dapat dilakukan dengan menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik sinar gamma, misalnya pembentukan bibit unggul pada padi. Bibit padi yang akan dijadikan bibit unggul diberi radiasi dengan dosis yang bervariasi, dari dosis terkecil yang tidak membawa pengaruh hingga dosis rendah yang mematikan. Biji yang sudah diradiasi itu kemudian disemaikan dan ditaman berkelompok menurut ukuran dosis radiasinya. Sinar gamma ini dapat memicu terjadinya mutasi pada tanaman. Dari proses mutasi ini diharapkan dapat diperoleh tanaman dengan sifat-sifat yang menguntungkan, misalnya tanaman padi yang lebih tahan terhadap hama dan memiliki tunas lebih banyak.

Pelacakan Kebocoran Pipa Bawah Tanah

Mungkin Anda penasaran bagaimana caranya mengetahui sumber kebocoran sebuah pipa yang ditanam di dalam tanah tanpa harus menggali pipa tersebut. Coba anda bayangkan kalau mencari kebocoran pipa yang panjangnya ratusan kilometer dengan menggalinya. Selain memerlukan banyak tenaga juga memerlukan waktu yang tidak sedikit, serta memerlukan biaya yang sangat banyak. Dengan memanfaatkan ilmu fisika khususnya gelombang elektromagentik sinar gamma kita dapat mendeteksi kebocoran pada pipa-pipa yang ditanam di bawah tanah. Suatu zat yang mampu memancarkan sinar gamma dilarutkan kedalam air dan dialirkan pada pipa bawah tanah. Kemudian, permukaan tanah di atas pipa air diperiksa dengan Geiger Counter. Intensitas radiasi yang berlebihan menunjukkan terjadinya kebocoran pada pipa tersebut. Sangat mudah bukan?


Selain yang disebutkan di atas, masih banyak penerapan sinar gamma dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dengan bijak, maka kehidupan kita akan lebih mudah dan tidak merugikan orang lain, serta tentunya bermanfaat untuk banyak orang. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Gelombang Elektromagnetik Sinar Gamma pada Kehidupan Sehari-hari"