Pengertian Bilangan Irasional dan Bilangan Real

Masih ingatkah Anda dengan pengertian bilangan rasional? Kita ketahui bahwa definisi bilangan rasional ialah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk a/b, dengan a dan b adalah bilangan bulat serta b ≠ 0 (silahkan baca pengertian bilangan rasional berpangkat bilangan bulat positif). Kebalikan dari bilangan rasional adalah bilangan irasional. Apa pengertian bilangan irasional?

Untuk lebih memudahkan Anda memahami konsep bilangan irasional, perhatikan gambar segitiga siku-siku di bawah ini.
Pada segitiga siku-siku ABC di atas memiliki panjang sisi-sisi AC sama dengan 1 satuan panjang dan panjang BD sama dengan 1 satuan panjang. Dapatkah Anda menghitung panjang sisi miring AC segitiga siku-siku di atas?

Untuk mencari sisi miring pada segitiga siku-siku di atas, Anda harus paham dengan Theorema Phytagoras. Dengan menggunakan Teorema Phytagoras aka diperoleh:
AC = √(AB2 + BC2)
AC = √(12 + 12)
AC = √2
Jadi, panjang sisi AC adalah √2 satuan panjang.

Sekarang perhatikan bilangan √2 tersebut. Jika kita menggunakan kalkulator, maka bilangan √2 sama dengan 1,414213562.... Apakah bilangan √2 merupakan bilangan rasional? Untuk mengetahui apakah bilangan √2 merupakan bilangan rasional, Anda kembali ke definisi bilangan irasional. Ternyata tidak ada nilai a dan b yang memenuhi a/b = √2, di mana a dan b merupakan bilangan bulat dan b ≠ 0. Jadi, bilangan √2 merupakan bilangan bukan rasional (bilanagn irasional). Gabungan dari himpunan bilangan rasional dan himpunan bilangan irasional merupakan himpunan bilangan real.

Demikian postingan Mafia Online tentang pengertian bilangan irasional dan bilangan real. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan di atas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Bilangan Irasional dan Bilangan Real"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.