Operasi Pembagian pada Bilangan Bulat

Untuk memahami operasi pembagian pada bilangan bulat,  Anda harus paham dengan konsep operasi perkalian pada bilangan bulat karena pembagian merupakan operasi kebalikan dari perkalian. Untuk lebih mudah memahami pernyataan bahwa operasi kebalikan dari perkalian, silahkan perhatikan uraian berikut.

(a) 5 × 6 = 6 + 6 + 6 + 6 + 6 = 30
Di lain pihak, 30 : 5 = 6 atau dapat ditulis
5 × 6 = 30 <=> 30 : 5 = 6.

(b) 6 × 5 = 5 + 5 + 5 + 5 + 5 + 5 = 30
Di lain pihak, 30 : 6 = 5, sehingga dapat ditulis
6 × 5 = 30 <=> 30 : 6 = 5.

Berdasarkan uraian di atas, tampak bahwa oprasi pembagian merupakan operasi kebalikan (invers) dari perkalian. Secara umum dapat ditulis bahwa “Jika p, q, dan r bilangan bulat, dengan q faktor p, dan q 0 maka berlaku p : q = r <=> p = q × r”. Bagaimana operasi pembagian pada bilangan bulat?



Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk memahami operasi pembagian bilangan bulat, Anda harus paham dengan operasi perkalian pada bilangan bulat. Oke, sekarang silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Pembagian Bilangan Bulat Positif dan Negatif
Untuk mengetahui operasi pembagian bilangan bulat positif dan negatif, silahkan perhatikanlah contoh-contoh berikut.
a. –2 × (–6) = 12, maka:
=> 12 : (–6) = –2
=> 12 : (–2) = –6

b. –3 × (–6) = 18, maka:
=> 18 : (–6) = –3
=> 18 : (–3) = –6

c. –4 × (–6) = 24, maka:
=> 24 : (–6) = –4
=> 24 : (–4) = –6

Berdasarkan contoh-contoh di atas dapat disimpulkan bahwa hasil bagi bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif adalah bilangan bulat negatif. Di mana Untuk setiap bilangan bulat a dan b selalu berlaku a : (– b) = – (a : b).

Pembagian Dua Bilangan Bulat Negatif
Untuk mengetahui operasi pembagian dua bilangan bulat negatif, silahkan perhatikanlah contoh-contoh berikut.
a. 2 × (–6) = –12, maka:
=> –12 : (–6) = 2

b. –3 × 6 = –18, maka:
=> –18 : (–3) = 6

c. 4 × (–6) = –24, maka:
=> –24 : (–6) = 4

Berdasarkan contoh-contoh soal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil bagi dua bilangan bulat negatif adalah bilangan bulat positif. Di mana untuk setiap bilangan bulat a dan b selalu berlaku (–a) : (–b) = (a : b).

Pembagian Bilangan Nol (0) dengan Bilangan Bulat
Untuk mengetahui operasi pembagian bilang nol dengan bilangan bulat, ingat kembali perkalian bilangan bulat dengan bilangan nol. Untuk setiap a bilangan bulat berlaku:
a × 0 = 0 => 0 : a = 0

Jadi, dapat dituliskan bahwa “Untuk setiap bilangan bulat a, berlaku 0 : a = 0; a 0”. Hal ini tidak berlaku jika a = 0, karena 0 : 0 = tidak terdefinisi. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa bilangan nol (0) apabila dibagi dengan sembarang bilangan (kecuali bilangan nol) hasilnya adalah nol.


Oke, demikian postingan Mafia Online tentang operasi pembagian pada bilangan bulat. Silahkan baca tentang sifat-sifat pembagian pada bilangan bulat. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan di atas. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Operasi Pembagian pada Bilangan Bulat"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.