website statistics Ketidaksamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Ketidaksamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Iklan
Iklan

Sebelumnya Mafia Online sudah membahas tentang persamaan linear satu variabel, sedangkan pada postingan kali ini akan membahas tentang ketidaksamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Apa pengertian ketidaksamaan? Apa pengertian pertidaksamaan linear satu variabel?

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya Anda pernah menjumpai atau menemukan kalimat “Salah satu syarat menjadi anggota TNI adalah tinggi badannya tidak kurang dari 165 cm”. Bagaimana menyatakan kalimat  “Salah satu syarat menjadi anggota TNI adalah tinggi badannya tidak kurang dari 165 cm” dalam bentuk kalimat matematika? Sebelum menjawab hal tersebut Anda harus memahami pengertian ketidaksamaan.

Pengertian Ketidaksamaan
Masih ingatkah Anda dengan notasi <, >, ≤ , , dan ? Apa arti notasi-notasi tersebut?
a. 4 kurang dari 6 ditulis 4 < 6.
b. 9 lebih dari 3 ditulis 9 > 3.
c. x tidak lebih dari 11 ditulis x ≤ 11.
d. tiga kali y tidak kurang dari 8 ditulis 2y 16.
Kalimat-kalimat 4 < 6, 9 > 3, x 9, dan 2y 16 disebut ketidaksamaan.

Ingat**
Suatu ketidaksamaan selalu ditandai dengan salah satu tanda hubung berikut: “ < ” untuk menyatakan kurang dari, “ > ” untuk menyatakan lebih dari, untuk menyatakan tidak lebih dari atau kurang dari atau sama dengan, dan untuk menyatakan tidak kurang dari atau lebih dari atau sama dengan.

Pengertian Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Pada postingan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa suatu persamaan selalu ditandai dengan tanda hubung “=”. Bagaimana dengan pertidaksamaan?

Untuk memahami pengertian pertidaksamaan linear satu variabel silahkan simak contoh soal kalimat terbuka berikut.
a. 6x < 18
b. 3p – 2 > p
c. p + 2 5
d. 3x – 1 2x + 4
Kalimat terbuka di atas menyatakan hubungan ketidaksamaan karena adanya tanda hubung <, >, , atau .

Berdasarkan pemaparan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian dari pertidaksamaan adalah kalimat terbuka yang menyatakan hubungan ketidaksamaan (<, >, , atau ).

Sekarang perhatikan kembali kalimat terbuka di atas! Pada kalimat terbuka di atas masing-masing mempunya satu variabel yang berpangkat satu. Jadi, kalimat terbuka di atas menyatakan suatu pertidaksamaan yang mempunyai satu variabel dan berpangkat satu. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian pertidaksamaan linear satu variabel adalah adalah pertidaksamaan yang hanya mempunyai satu variabel dan berpangkat satu (linear).

Untuk memantapkan pemahaman Anda silahkan perhatikan contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal
Dari bentuk-bentuk berikut, manakah yang merupakan pertidaksamaan linear satu variabel? Jelaskan jawabanmu.
a. x + 6 < 9
b. 8 – q2 > –1
c. m + n 4

Penyelesaian:
a. x + 6 < 9
Pertidaksamaan x + 6 < 9 mempunyai satu variabel, yaitu x dan berpangkat 1, sehingga x + 6 < 9 merupakan pertidaksamaan linear satu variabel.

b. 8 – q2 > –1
Karena pertidaksamaan 8 – q2 > –1 mempunyai variabel q2, maka 8 – q2 > –1 bukan merupakan pertidaksamaan linear satu variabel.

c. m + n 4
Karena pertidaksamaan m + n 4 mempunyai dua variabel m dan n, maka m + n 4 bukan merupakan pertidaksamaan linear satu variabel.

Demikian postingan Mafia Online tentang pengertian ketidaksamaan dan pengertian pertidaksamaan linear satu variabel. Mohon maaf jika ada kata-kata atau perhitungan yang salah dalam postingan di atas. Salam Mafia.
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketidaksamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel"