website statistics Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus

Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus

Mungkin Anda pernah diberikan hadiah spesial atau kado oleh temanmu pada saat Anda berulang tahun. Kado tersebut biasanya dibungkus dengan sebuah kertas. Seandainya Anda ingin memberikan kado, di mana kotak tempat penyimpanannya berbentuk kubus, berapa luas minimal kertas yang diperlukan untuk membungkus seluruh permukaan kubus tersebut?
Untuk mengetahui berapa luas minimal kertas yang diperlukan untuk membungkus seluruh permukaan kado yang berbentuk kubus, Anda harus paham dengan konsep luas permukaan kubus.

Luas permukaan kubus adalah jumlah luas seluruh sisi kubus. Agar lebih mudah memahaminya, silahkan Anda lihat gambar kubus ABCD.EFGH di bawah berikut ini.
Gambar di atas menunjukkan sebuah kubus yang panjang setiap rusuknya adalah s. Ingat bahwa sebuah kubus memiliki 6 buah sisi yang berbentuk persegi dan setiap rusuknya sama panjang. Pada gambar di atas, keenam sisi persegi tersebut adalah sisi ABCD, ABFE, BCGF, EFGH, CDHG, dan ADHE. Karena panjang setiap rusuk kubus s, maka luas setiap sisi kubus = s2. Dengan demikian,
luas permukaan kubus = 6s2.
L = 6s2,
Dengan:
L = luas permukaan kubus
s = panjang rusuk kubus

Jadi, luas minimal kertas yang diperlukan untuk membungkus seluruh permukaan kado yang berbentuk kubus adalah enam kali kuadrat rusuknya.

Contoh Soal 1
Sebuah kubus panjang setiap rusuknya 8 cm. Tentukan luas permukaan kubus tersebut.

Penyelesaian:
Luas permukaan kubus = 6s2
Luas permukaan kubus = 6.(8 cm)2
Luas permukaan kubus = 384 cm2
Jadi, luas permukaan kubus tersebut adalah 384 cm2

Contoh Soal 2
Wita ingin memberikan hadiah boneka kepada temannya yang berulang tahun. Boneka tersebut dimasukan ke dalam kotak berbentuk kubus yang memiliki rusuk 30 cm, kemudian kado tersebut akan dibungkus dengan kertas kado berukuran 50 cm x 60 cm. Kertas kado tersebut dijual per gulung, di mana tiap gulung berisi satu kertas. Berapa gulung kertas kado yang dibeli Wita jika kertas kado tersebut dibeli dalam bentuk gulungan? Berapa biaya yang diperlukan Wita jika harga kertas kado tersebut Rp. 1.250,00 per gulung?

Penyelesaian:
Hal pertama yang harus dihitung adalah luas permukaan kotak kado yang  berbentuk kubus, yakni:
L. kado = 6s2
L. kado = 6.(30 cm)2
L. kado = 5400 cm2

Sekarang hitung luas kertas kado dengan rumus luas persegi panjang, yakni:
L. kertas = p . l
L. kertas = 50 cm . 60 cm
L. kertas = 3000 cm2

Selanjutnya hitung berapa gulung kertas diperlukan, yakni:
jumlah kertas = L. kado/L. kertas
jumlah kertas = 5400 cm2/3000 cm2
jumlah kertas = 1,8 gulung ~ 2 gulung

Biaya yang diperlukan untuk membeli kertas yakni:
biaya = 2 gulung . Rp. 1.250,00/gulung
biaya = Rp. 2.500,00

Jadi untuk membungkus kado tersebut Wita harus membeli kertas sebanyak 2 gulung dan biaya yang diperlukan sebanyak Rp. 2.500,00.

Demikian postingan Mafia Online tentang cara menghitung luas permukaan kubus. Bagaimana kalau kotak kado tersebut berbentuk bangun ruang balok? Berapa luas minimal kertas yang diperlukan untuk menutupi seluruh permukaan balok?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus"