Cara Menghitung Keliling dan Luas Persegi Panjang

Kita ketahui bahwa salah satu sifat persegi panjang adalah mempunyai empat sisi, dengan sepasang sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar. Dari sifat tersebut maka kita dapat mencari keliling dan luas persegi panjang. Sekarang perhatikan gambar di bawah ini.
 
Gambar di atas menunjukkan persegi panjang KLMN dengan sisi-sisinya KL, LM, MN, dan KN. Keliling suatu bangun datar adalah jumlah semua panjang sisi-sisinya. Berdasarkan sifat-sifat persegi panjang, tampak bahwa panjang KL = NM = 5 satuan panjang dan panjang LM = KN = 3 satuan panjang, maka:
Keliling KLMN= KL + LM + MN + NK
Keliling KLMN = (5 + 3 + 5 + 3) satuan panjang
Keliling KLMN = 16 satuan panjang 

Misalkan garis KL disebut panjang (p) dan KN disebut lebar (l). Secara umum dapat disimpulkan bahwa keliling persegi panjang dengan panjang p dan lebar l adalah: 

K = 2(p + l) atau K = 2p + 2l.

Untuk menentukan luas persegi panjang, perhatikan kembali gambar di atas. Luas persegi panjang adalah luas daerah yang dibatasi oleh sisi-sisinya.
Luas persegi panjang KLMN = KL x LM
Luas persegi panjang KLMN = (5 x 3) satuan luas
Luas persegi panjang KLMN = 15 satuan luas

Jadi, luas persegi panjang dengan panjang p dan lebar l adalah: 

L = p x l = pl.

Nah Anda sudah mempelajari cara menentukan keliling dan luas persegi panjang. Sekarang saatnya Anda mengaplikasikannya ke conoh soal. Sekarang perhatikan contoh soal berikut ini.

Contoh Soal
Hitunglah keliling dan luas persegi panjang yang berukuran panjang 12 cm dan lebar 8 cm.

Diketahui:
panjang (p) = 12 cm,
lebar (l) = 8 cm.

Ditanyakan: Keliling (Kl) dan Luas (L): . . . ?

Jawab:
Keliling (Kl) = 2(p + l)
Keliling (Kl) = 2(12 cm + 8 cm)
Keliling (Kl) = 2 x 20 cm
Keliling (Kl) = 40 cm

Luas (L) = p x l
Luas (L) = 12 cm x 8 cm
Luas (L) = 96 cm2
Jadi, keliling persegi panjang tersebut 40 cm dan luasnya 96 cm2.

Mau contoh soal yang lain? Silahkan baca postingan Mafia Online tentang contoh soal dan pembahasan persegi panjang. Untuk memantapkan pemahaman Anda mengenai persegi panjang coba kerjakan soal latihan berikut ini.


Soal Latihan
Diketahui keliling persegi panjang adalah 80 cm. Jika panjang persegi panjang tersebut tiga kali lebarnya, maka tentukan panjang, lebar serta luasnya!

Demikian postingan Mafia Online tentang cara mencari keliling dan luas persegi panjang. Mohon maaf jika ada kesalahan kata-kata atau perhitungan.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Cara Menghitung Keliling dan Luas Persegi Panjang"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.