Materi dan Contoh Soal Molalitas Suatu Larutan

Pada pelajaran sebelumnya, kita menyatakan konsentrasi molaritas (M). Dalam perhitungan molaritas, kuantitas larutan didasarkan pada volume. Anda tentu ingat, volume merupakan fungsi suhu (zat akan memuai ketika dipanaskan). Oleh karena sifat koligatif larutan dipengaruhi suhu, diperlukan suatu besaran yang tidak bergantung pada suhu. Besaran tersebut dinyatakan berdasarkan massa karena massa tidak bergantung pada suhu, baik dari kuantitas zat terlarut maupun pelarutnya. Untuk itu, digunakan molalitas yang menyatakan jumlah partikel zat terlarut (mol) setiap 1 kg pelarut (bukan larutan). Larutan yang dibuat dari 1 mol NaCl yang dilarutkan dalam 1.000 g air dinyatakan sebagai larutan 1 molal dan diberi lambang 1 m NaCl.
Materi dan Contoh Soal Molalitas Suatu Larutan
ilustrasi larutan garam (NaCL)
img: pixabay.com

Molalitas menyatakan perbandingan mol zat terlarut dalam kilogram pelarut. Molalitas dinyatakan antara jumlah mol zat terlarut dengan massa dalam kg pelarut. Bagaimana simbol dari molalitas zat? Molalitas disimbolkan dengan m.

m = n/p

dengan
n = jumlah mol zat terlarut (mol)
p = massa pelarut (kg)
m = molalitas (mol/kg)
Satuan molalitas adalah mol/kg. 1 mol/kg setara dengan 1 molal.

Molalitas juga berguna pada keadaan lain, misalnya karena pelarut merupakan padatan pada suhu kamar dan hanya dapat diukur massanya, bukan volumenya sehingga tidak mungkin dinyatakan dalam bentuk molaritas. Perhatikanlah contoh soal penentuan molalitas berikut.

Contoh Soal 1
Berapa molalitas larutan yang dibuat dari 4 gram NaOH dengan 200 gr air?

Penyelesaian:
Diketahui:
massa NaOH = 4 gr
p.air= 200 gr = 0,2 kg
Mr. NaOH = 40 gr/mol

n.NaOH = massa NaOH/Mr
n.NaOH = 4 gr/40 gr/mol
n.NaOH = 0,1 mol

m =n/p
m =0 1 mol/0,2 kg
m = 0,5 molal
Jadi, molalitas larutan NaOH adalah 0,5 m.

Silahkan lihat juga contoh dan pembahasan soal tentang molalitas pada postingan Mafia Online yang berjudul "contoh soal dan pembahasan molalitas" dan "soal dan pembahasan molalitas".

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Materi dan Contoh Soal Molalitas Suatu Larutan"

  1. makasih contoh soalnya gan, sangat bermamfaat
    http://blog-medianet.blogspot.com/

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.