Pembahasan Soal Tantangan SMP Kelas 7 Tentang Gerak Lurus


Postingan ini saya buat karena pada postingan sebelumnya tentang Soal Fisika SMP Kelas 7 (VII) Tentang gerak Lurus belum ada solusinya (pembahasannya).

Soal 1
Kota A dan kota B terpisahkan sejauh 200 km. Sebuah mobil A berangkat dari kota A ke kota B dengan kecepatan 40 km/jam. Pada waktu yang sama, sebuah mobil B berangkat dari kota B ke kota A dengan kecepatan 60 km/jam. Kapan keduanya akan berpapasan?

Penyelesaian:
Diketahui:
Misalkan jarak kota A dan B = sAB, kecepatan mobil A = vA, dan kecepatan mobil B = vB, maka:
sAB = 200 km
vA  = 40 km/jam
vB = 60 km/jam
Ditanyakan : t berpapasan= ?
Jawab:
Jika digambarkan posisi mobil A dan B seperti gambar berikut ini.
Kota A dan kota B terpisahkan sejauh 200 km. Sebuah mobil A berangkat dari kota A ke kota B dengan kecepatan 40 km/jam. Pada waktu yang sama, sebuah mobil B berangkat dari kota B ke kota A dengan kecepatan 60 km/jam. Kapan keduanya akan berpapasan?

karena waktu berangkat bersamaan maka pada saat berpapasan waktu yang diperlukan juga sama maka:
tA = tB = t
Jarak yang ditempuh oleh mobil A setelah bergerak dalam waktu t adalah:
sA = vA.tA = vA.t = 40 km/jam.t
Sedangkan jarak yang ditempuh oleh mobil B setelah bergerak dalam waktu t adalah:
sB = vB.tB = vB.t = 60 km/jam.t
Jarak tempuh mobil A dan mobil B jika dijumlahkan merupakan jarak antara kota A dan kota B, maka
sAB = sA + sB
200 km = 40 km/jam.t + 60 km/jam.t
200 km = 100 km/jam.t
t = 200 km/(100km/jam)
t = 2 jam
Jadi, mobil A akan berpapasan dengan mobil B setelah menempuh perjalanan selama 2 jam.

Soal 2
Gerak bersifat relatif, bergantung pada sudut pandang orang yang melihat gerak tersebut terhadap titik acuan yang digunakan. Coba kamu jelaskan maksud pernyataan tersebut! Berikan pula contohnya!

Penyelesaian:
Definisi gerak secara fisika adalah perubahan posisi atau kedudukan terhadap titik acuan tertentu. Karena berdasarkan titik acuan tertentu maka gerak bersifat relatif, bergantung pada sudut pandang orang yang melihat gerak tersebut terhadap titik acuan yang digunakan. Misalnya, Iwan pergi ke sekolah dengan naik sepeda sambil menggendong tas ransel. Menurut Iwan tas ransel yang digendongnya diam terhadap dirinya, akan tetapi menurut ibunya tas ransel yang digendong Iwan bergerak terhadap ibunya Iwan.

Soal 3
Seorang pelari sedang berlatih di sebuah stadion. Ia berlari mengelilingi lapangan sebanyak 3 putaran. Jika ia mulai berlari dari sudut lapangan dan berhenti lagi di tempat itu, apakah ia telah melakukan gerak? Jelaskan!

Penyelesaian:
Kembal lagi ke definisi gerak. Gerak adalah perubahan posisi atau kedudukan terhadap titik acuan tertentu. Kerena acuannya sudut lapangan dan berhenti lagi ditempat itu maka pelari tersebut dikatakan tidak bergerak, karena tidak ada perubahan posisi atau kedudukan jika dilihat dari sudut lapangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembahasan Soal Tantangan SMP Kelas 7 Tentang Gerak Lurus"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.