Cara Mengukur Beda Potensial / Tegangan Listrik

Nah, pada postingan sebelumnya sudah dibahas mengenai cara mengukur kuat arus listrik pada suatu rangkaian secara langsung. Sekarang kita akan lanjut membahas mengenai cara untuk mengetahui atau mengukur besarnya tegangan atau beda potensial suatu rangkaian listrik secara langsung.

Hampir sama caranya seperti mengukur kuat arus listrik pada suatu rangkaian, hanya saja alat yang digunakan berbeda. Untuk mengetahui besarnya tegangan listrik secara langsung digunakan alat yang namanya voltmeter. Beda potensial listrik dapat diukur dengan alat voltmeter, yang dapat dirakit dari alat basic meter yang dipasang dengan Multiflier. Dalam pemasangannya, voltmeter harus dipasang secara paralel dengan alat listrik yang akan diukur tegangannya, perhatikan gambar (a). Sedangkan untuk bagan rangkaiannya tampak seperti gambar (b)


Setelah anda pasang seperti rangkaian gambar (a), maka langkah selanjutnya adalah membaca hasil pengukuran yang terlihat pada voltmeter, dengan menggunkan rumus:
keterangan:
V = Hasil pengukuran tegangan
Vmax = batas ukur maksimal
st = skala yang ditunjuk
smax = skala maksimum

Sebagai contoh perhatikan contoh soal berikut ini.
Contoh soal 1
Berapakah besarnya beda potensial pada suatu rangkaian jika hasil pengukurannya seperti gambar di atas?

Penyelesaian:
Diketahui:
Vmax  = 10 V
st       = 40
smax   = 50

Ditanyakan: V = ?
Jawab:
V = (40/50) x 10 V = 8 V

Contoh soal 2

Berapakah besarnya beda potensial pada suatu rangkaian jika hasil pengukurannya seperti gambar di atas?

Penyelesaian:
Jawab:
Vmax  = 5A
st       = 10
smax   = 25

Ditanyakan: V = ?
Jawab:
V = (10/25)x 5A = = 2 V


TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Cara Mengukur Beda Potensial / Tegangan Listrik"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.