Bernapas

Semua makhluk hidup melakukan proses pernapasan. Bernapas adalah proses mengambil udara (O2) dari luar dan mengeluarkan gas karbondioksida (CO2) dan uap air (H2O)dari dalam tubuh. Mengapa makhluk hidup memerlukan oksigen?

Sumber gambar: deebacalah
Makhluk hidup membutuhkan oksigen dalam kaitannya dengan usahanya untuk memperoleh energi. Di dalam tubuh, zat-zat makanan yang kita makan perlu dipecah untuk menghasilkan energi. Dalam salah satu tahapan proses pembentukan energi ini diperlukan oksigen. Oleh karena itu, oksigen sangat diperlukan oleh makhluk hidup. Dalam proses pernapasan, selain dihasilkan energi juga dihasilkan sisa pembakaran, yaitu karbon dioksida. Karbon dioksida harus dikeluarkan dari dalam tubuh sebabkarbon dioksida merupakan racun bagi tubuh kita. Jika oksigen dimasukkan ke dalam tubuh pada saat kita menarik napas, sebaliknya karbon dioksida dikeluarkan dari dalam tubuh pada saat kita mengeluarkan napas. Oleh karena itu, pernapasan berperan penting dalam pertukaran gas-gas, yaitu mengambil oksigen yang kita butuhkan dan sekaligus membuang karbon dioksida yang tidak kita butuhkan. Secara kimiawi reaksi pernapasan adalah sebagai berikut :
C6H12O6 + 6O2 à Energi + 6 CO2 + 6 H2O

Ciri lain terjadinya proses pernapasan adalah timbulnya panas yang merupakan hasil sampingan dari proses pembentukan energi. Oleh karena itu, untuk melihat apakah terjadi proses pernapasan atau tidak, kita dapat melihatnya dari dihasilkan tidaknya panas dan karbon dioksida. Kamu tentunya telah mengetahui bahwa manusia dan hewan bernapas.

Proses pernapasan makhluk hidup berbeda-beda, bergantung pada tempat hidup dan jenis makhluk hidup. Makhluk hidup yang hidup di darat memiliki sistem pernapasan yang berbeda dengan makhluk hidup yang hidup di air. Pernapasan burung berbeda dengan amfibi.

Manusia dan hewan di darat umumnya bernapas dengan paru-paru. Oksigen diambil dari udara melalui hidung. Untuk makhluk hidup yang hidup di air, seperti ikan bernapas dengan insang. Makhluk hidup yang di air menggunakan oksigen yang terlarut dalam air untuk bernapas. Selain insang ada juga mahluk hidup yang hidup di air menggunakan permukaan kulit yaitu katak.

Bagaimana dengan tumbuhan, apakah mereka juga bernapas? Tumbuhan pun bernapas. Alat pernapasan tumbuhan berbeda dengan alat pernapasan hewan. Pada semua jenis tumbuhan tingkat tinggi, oksigen diambil oleh tumbuhan melalui stomata atau mulut daun, lentisel (lubang-lubang yang ada pada batang tumbuhan), dan bulu-bulu akar (sering disebut dengan istilah akar nafas). Bagaimana mengetahui bahwa tumbuhan tersebut bernafas?

Sumber gambar: guswik
Untuk mengetahui bahwa tumbuhan juga melakukan pernafasan dapat dibuktikan dengan percobaan sederhana berikut ini. Coba Anda ambil segenggam kecambah yang masih segar, lalu simpan kecambah tersebut di dalam botol atau kaleng kemudian tutup dengan rapat. Biarkan kecambah tersebut selama semalam atau lebih dalam botol atau kaleng yang tertutup rapat. Ke esokan harinya coba anda masukan sebatang korek api yang menyala ke dalam botol atau kaleng tersebut. Apakah yang terjadi, apakah korek api tersebut tetap menyala ataukah mati? Cobalah masukkan tanganmu ke dalam kaleng. Apakah kamu merasakan bahwa kaleng atau botol tersebut terasa hangat? Apakah yang menyebabkan kejadian tersebut?

Tolong share artikel ini ke: Facebook Twitter Google+
Anda baru saja membaca artikel dengan judul: "Bernapas". Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik. Punya artikel tentang “Mafia”, artikel tentang Aplikasi “Mafia” dalam kehidupan sehari-hari, soal-soal “Mafia”, Tips dan Trik mengerjakan Soal-Soal “Mafia”, Puisi “Mafia”, Pantun “Mafia”, atau yang lainnnya tentang “Mafia”? Jika ingin karyamu kami terbitkan di blog ini silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk “Mengirim Kreatifitas Anda
Posted by: Hidayanti 11:19 PM

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif