Pengertian Pembiasan Cahaya

Pengertian pembiasan (refraksi) adalah peristiwa pembelokan cahaya ketika melewati bidang batas antara dua medium yang berbeda. Pembiasan cahaya terjadi karena kecepatan cahaya berbeda pada setiap medium.

Mungkin Anda pernah melihat sebuah pensil yang tercelup ke dalam air di dalam gelas, peristiwa itu memperlihatkan pembiasan. Perhatikan gambar di bawah ini, bagian pensil yang tercelup ke air kellihatan patah. 

Pengertian Pembiasan Cahaya
Pensil kelihatan patah

Mungkin anda juga pernah melihat pada kolam yang airnya jenih akan terlihat dasar kolam terlihat lebih dangkal. Peristiwa ini merupakan contoh peristiwa pembiasan cahaya. Selain di air pembiasan cahaya juga terjadi di udara, misalnya peristiwa terjadinya kelap-kelip bintang di langit. Peristiwa terjadinya kelap-kelip bintang di langit akan dijelaskan pada postingan berikutnya. Pada postingan ini hanya membahas tentang konsep pembiasan cahaya.

Pada peristiwa pembiasan cahaya kita akan mengenal istilah:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pembiasan Cahaya"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.