Kelajuan Linier pada Gerak Melingkar

Pada gerak melingkar kita akan mengenal besaran kelajuan linier. Untuk lebih mudah memahami konsep laju linier, kita harus paham dengan konsep frekuensi dan periode pada gerak melingkar. Perhatikan gambar di bawah ini.
Kelajuan Linier pada Gerak Melingkar
Sebuah benda yang bergerak melingkar akan menempuh lintasan sepanjang keliling lingkaran K dengan kelajuan tetap v, dan dalam waktu tertentu t. Masih ingatkah kamu dengan cara mencari keliling lingkaran? Untuk mengingatnya kembali silahkan materinya pada postingan tentang keliling lingkaran. Kita ketahui untuk mencari keliling lingakaran (K) dengan panjang jari-jari R dapat menggunakan rumus K = 2πR.

Jika pada gerak melingkar beraturan dapat didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh dibagi waktu tempuhnya atau keliling lingkaran di bagi periode gerak benda. Secara matematis untuk laju linier dapat ditulis sebagai berikut:
v = K/T
v = 2πR/T
Kita ketahui bahwa hubungan antara antara periode (T) dan frekuensi (f) adalah T = 1/f, maka rumus untuk kelajuan liner menjadi:
v = 2πRf

Keterangan:
K = keliling lingkaran
R = jari-jari lingkaran
v = kelajuan linier
T = periode (sekon)
f = frekuensi (Hz)
π = 3,14

Contoh Soal
Sebuah batu diikat dengan seutas tali, kemudian diputar sehingga bergerak membentuk lingkaran secara beraturan dengan jari-jari lingkaran yang dibentuk 2,5 m. Jika dalam 1,5 menit batu tersebut berputar sebanyak 45 kali. Berapakah laju liner batu tersebut.

Penyelesaian:
R = 2,5 m
t = 1,5 menit = 90 s
N = 45 kali

Terlebih dahulu kita harus menghitung frekuensi dari batu tersebut yakni:
f = N/t
f = 45/90
f = 0,5 Hz

Laju linier dari batu tersebut dapat dihitung dengan rumus:
v = 2πRf
v = 2(3,14)(2,5 m)(0,5 Hz)
v = 7,85 m/s
Jadi, kelajuan linier batu tersebut 7,85 m/s

Demikian pembahasan kelajuan linier pada gerak melingkar. Jika ada permasalahan dalam memahami materi ini silahkan tanyakan pada kolom komentar. Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelajuan Linier pada Gerak Melingkar"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.