Perkalian Pecahan dan Contoh Soal

Pada perkalian pecahan kita tidak perlu lagi menyamakan penyebut seperti pada penjumlahan dan pengurangan pecahan. Kita hanya mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Untuk membuktikan hal tersebut silahkan perhatikan uraian berikut.

Sekarang kita akan mengalikan 3/4 dengan 4/5. Perhatikan gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas pada bagian baris (horizontal), daerah yang di arsir merupakan bentuk pecahan ¾. Sedangkan pada bagian kolom (vertikal), daerah yang diarsir merupakan bentuk pecahan 4/5. Jika dikalikan maka hasilnya:



Sekarang perhatikan kembali gambar kotak-kotak di atas, terdiri dari 20 kotak dan kotak yang diarsir ada 12 maka bentuk pecahannya menjadi 12/20 atau jika dijadika lebih sederhana maka 12/20 = 3/5 atau:


Jika bentuk pecahannya berupa pecahan campuran maka ubahlah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Untuk memantapkan pemahaman Anda tentang operasi perkalian pada pecahan, silahkan simak contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal
Tentukan hasil perkalian bilangan-bilangan berikut dalam bentuk yang paling sederhana.

Penyelesaian:


Demikian postingan Mafia Online tentang perkalian pecahan. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah pada postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Perkalian Pecahan dan Contoh Soal"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.