Penjumlahan Vektor dengan Poligon dan Jajargenjang

Sebelumnya kita sudah mempelajari cara penggambaran dan penulisan notasi besaran vektor. Sekarang kita akan membahas cara menjumlahkan beberapa vektor. Ada dua cara untuk menjumlahkan beberapa vektor yaitu dengan cara poligon dan dengan cara jajargenjang. Baik dengan menggunakan cara poligon maupun jajargenjang akan menghasilkan hasil yang sama. Oke kita akan bahas kedua cara tersebut.

Sekarang coba perhatikan Gambar (a) di bawah ini, di dalam gambar (a) terdapat tiga buah besaran vektor yaitu vektor F1, vektor F2 dan vektor F3 yang mempunyai besar dan arah tertentu.
penjumlahan vektor dengan cara poligon
Sekarang perhatikan gambar yang dibawahnya lagi yitu gambar (b). Gambar (b) di bawah menggambarkan penjumlahan vektor F1, vektor F2 dan vektor F3 tersebut di atas dengan cara poligon gaya dan vektor FR sebagai hasil penjumlahan dari ketiga vektor tersebut. Dengan demikian secara penjumlahan vektor dapat dinyatakan:

resultan vektor

Nah cara yang dijelaskan di atas tersebut merupakan cara penjumlahan vektor dengan cara poligon. Sekarang kita lanjut cara penjumlahan vektor dengan cara jajargenjang. Perhatikan gambar di bawah ini, vektor F1 dan vektor F2 pada satu titik tangkap yang dijumlahkan dengan cara jajaran genjang.
penjumlahan vektor dengan jajargenjang
Vektor FR merupakan vektor hasil penjumlahan dari vektor F1 dan vektor F2, maka penjumlahan vektor dapat dinyatakan:

Demikianlah cara penjumlahan vektor secara poligon dan jajargenjang. Untuk selisih vektor bisa anda lihat pada postingan berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjumlahan Vektor dengan Poligon dan Jajargenjang"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.