Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Tak Hidup


Setiap benda baik itu benda mati maupun benda hidup akan memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakan dengan yang lainnya. Bagaimana ciri-ciri benda mati dan bagaimana ciri-ciri benda hidup? Caranya sederhana saja, jika kita mengetahui ciri-ciri benda hidup maka kita secara otomatis akan mengetahui bagaimana ciri-ciri benda hidup.

Sebelum mengetahui ciri-ciri mahluk hidup sebaliknya Anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari mahluk hidup itu sendiri. Untuk memahami pengertian dari mahluk hidup coba anda perhatikan gambar di bawah ini.

Ciri-ciri Mahluk hidup dan tak hidup

Jika kamu perhatikan gambar di atas, apakah semuanya bergerak, memerlukan makanan, bernapas, dan bertambah banyak? Anak ayam dan pohon, semuanya bergerak, memerlukan makanan, bernapas, dan berkembang biak. Mengapa hal ini terjadi? Hal tersebut terjadi karena anak ayam dan pohon adalah makhluk hidup. Bola tidak bisa bergerak jika tidak ditendang. Demikian juga dengan kursi, jika tidak didorong tidak akan bergerak. Bola dan kursi tidak bernapas, tidak memerlukan makanan, dan tidak bertambah banyak. Mengapa demikian? Karena mereka adalah makhluk tak hidup.

Jadi, makhluk hidup adalah makhluk yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  • Bernafas
  • Memerlukan makan
  • Bergerak
  • Menanggapi rangsang
  • Tumbuh
  • Berkembang Biak


Jika ada benda yang tidak memiliki salah satu ciri di atas bisa dikatakan benda tersbut merupakan benda mati. Lalu bagaimana dengan virus? Apakah virus termasuk benda mati atau benda hidup? Kita akan bahas pada postingan berikutnya.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

1 Response to "Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Tak Hidup"

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.