Menentukan Panjang Garis Singgung Lingkaran dari Satu Titik di Luar Lingkaran

Untuk dapat menentukan panjang garis singgung lingkaran, Anda harus menguasai teorema Pythagoras. Sekarang perhatikan gambar di bawah ini.



Pada gambar di atas, lingkaran berpusat di titik O dengan jari-jari OB dan OB garis AB. Garis AB adalah garis singgung lingkaran melalui titik A di luar lingkaran. Perhatikan segitiga siku-siku ABO. Dengan teorema Pythagoras berlaku
OB2 = AB2 + OA2
AB2 = OB2 - OA2
AB2 = (OB2 - OA2)
Jadi, panjang garis singgung lingkaran (AB) = √(OA2 - OB2)

Contoh Soal
Diketahui lingkaran berpusat di titik O dengan jari-jari OB = 5 cm. Garis AB adalah garis singgung lingkaran yang melalui titik A di luar lingkaran. Jika jarak OA = 13 cm maka
a. gambarlah sketsanya;
b. tentukan panjang garis singgung AB.

Penyelesaian:
a. Sketsa

b. AB= (OA2 - OB2)
AB= (132 - 52)
AB= (169 - 25)
AB= 144
AB= 12 cm
Jadi, panjang garis singgung AB = 12 cm.

Demikian postingan Mafia Online tentang cara menentukan panjang garis singgung lingkaran dari satu titik di luar lingkaran. Untuk contoh soal yang lain silahkan tunggu postingan Mafia Online berikutnya. Salam Mafia.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Menentukan Panjang Garis Singgung Lingkaran dari Satu Titik di Luar Lingkaran"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.