Pengertian dan Satuan Percepatan Sudut

Sama seperti pada gerak lurus terdapat besaran percepatan, pada gerak melingkar juga terdapat besaran percepatan yakni percepatan sudut. Kecepatan sudut suatu benda yang bergerak melingkar atau berputar tidak selalu tetap. Misalnya gerak kipas angin yang berputar kemudian arus listriknya diputus maka geraknya itu akan mengalami penurunan kecepatan sudutnya hingga berhenti. Perubahan kecepatan sudut tiap satu satuan waktu inilah yang dinamakan percepatan sudut.
Pengertian dan Satuan Percepatan Sudut
Percepatan sudut dinotasikan dengan α (baca: alpha) dan satuan untuk percepatan sudut yakni rad/s2. Dari definisi ini dapat diturunkan rumus percepatan sudut seperti berikut.

α = Δω/Δt

dengan:
α = percepatan sudut (rad/s2)
Δω = perubahan kecepatan sudut (rad/s)
Δt = perubahan waktu (s)

Contoh Soal 1
Partikel yang berputar pada lintasan melingkar berubah kecepatan sudutnya dari 120 rpm menjadi 180 rpm dalam 40 sekon. Tentukan percepatan sudut gerak partikel itu.

Penyelesaian:
Δt = 40 s
ω0 = 120 rpm = 4π rad/s
ω = 180 rpm = 6π rad/s
Δω = (6π rad/s) – (4π rad/s) = 2π rad/s
Percepatan sudutnya:
α = Δω/Δt
α = (2π rad/s)/(40 s)
α = 0,05 rad/s2

Contoh Soal 2
Batu diikat tali dan diputar dari ujung tali yang lain. Pada perputaran itu terjadi percepatan anguler sebesar 2 rad/s2. Jika mula-mula kecepatan angulernya 30 rpm maka tentukan kecepatan angulernya setelah berputar 20 s.

Penyelesaian:
α = 2 rad/s2
ω0 = 30 rpm = π rad/s = 3,14 rad/s
Δt =20 s
Perubahan kecepatan sudutnya:
α = Δω/Δt
Δω = α.Δt
Δω = 2 rad/s2.20 s
Δω = 40 rad/s
Kecepetan sudut setelah 20 s yakni:
Δω = ω – ω0
ω = Δω + ω0
ω = 40 rad/s + 3,14 rad/s
ω = 43,14 rad/s

Demikian pembahasan percepatan sudut atau percepatan anguler pada gerak melingkar. Jika ada permasalahan dalam memahami materi ini silahkan tanyakan pada kolom komentar. Kita pasti bisa.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Pengertian dan Satuan Percepatan Sudut"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.