website statistics Pengertian dan Satuan Kecepatan Sudut

Pengertian dan Satuan Kecepatan Sudut

Iklan
Iklan
Masih ingatkan dengan besaran kecepatan pada gerak lurus? Jika lupa silahkan baca kembali materi tentang kecepatan pada gerak lurus. Kecepatan sudut dalam gerak melingkar adalah analog dengan kecepatan linear dalam gerak lurus. Apa itu kecepatan sudut?

Agar lebih mudah memahami tentang kecepatan sudut, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.
Pengertian dan Satuan Kecepatan Sudut
Gambar di atas dilukiskan bahwa suatu benda bermassa m bergerak melingkar dari titik P menuju titik Q dengan kecepatan v konstan sehingga membentuk sudut θ dalam selang watu t tertentu. Sudut yang dibentuk oleh benda melingkar dalam selang waktu tertentu disebut dengan kecepatan sudut (kecepatan anguler).

Jadi kecepatan sudut (kecepatan anguler) didefinisikan sebagai sebagai sudut θ yang ditempuh tiap satuan waktu t. Kcepatan sudut dinotasikan dengan ω (baca: omega) dan dengan satuannya adalah rad/s. Selain itu ada satuan lain untuk kecepatan sudut yakni rpm (rotasi per menit). Berapakah 1 rpm itu?

Perlu diingat bahwa 1 putaran = 2π, maka:
1 rpm = putaran/menit
1 rpm = (2π/60) rad/s
1 rpm = (π/30) rad/s
1 rpm = (3,14/30) rad/s
1 rpm = 0,105 rad/s

Secara matematis kecepatan sudut dapat dituliskan dengan rumus:
ω = Δθ/Δt

Keterangan:
ω = kecepatan sudut/anguler (rad/s)
Δθ = perubahan posisi sudut (rad)
Δt = perubahan waktu (s)

Contoh Soal
Sebuah benda yang bergerak pada lintasan melingkar memiliki jari-jari 0,5 m. Benda tersebut mampu menempuh sudut 60π rad dalam 15 sekon. Tentukan kecepatan anguler benda tersebut.

Penyelesaian:
Δθ = 60π rad
Δt = 15 s
Kecepatan sudutnya memenuhi:
ω = Δθ/Δt
ω = 60π rad/15 s
ω = 4π rad/s

Demikian pembahasan kecepatan sudut atau kecepatan anguler pada gerak melingkar. Jika ada permasalahan dalam memahami materi ini silahkan tanyakan pada kolom komentar. Kita pasti bisa.
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Satuan Kecepatan Sudut"