Pengertian dan Satuan Kecepatan Sudut

Masih ingatkan dengan besaran kecepatan pada gerak lurus? Jika lupa silahkan baca kembali materi tentang kecepatan pada gerak lurus. Kecepatan sudut dalam gerak melingkar adalah analog dengan kecepatan linear dalam gerak lurus. Apa itu kecepatan sudut?

Agar lebih mudah memahami tentang kecepatan sudut, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.
Pengertian dan Satuan Kecepatan Sudut
Gambar di atas dilukiskan bahwa suatu benda bermassa m bergerak melingkar dari titik P menuju titik Q dengan kecepatan v konstan sehingga membentuk sudut θ dalam selang watu t tertentu. Sudut yang dibentuk oleh benda melingkar dalam selang waktu tertentu disebut dengan kecepatan sudut (kecepatan anguler).

Jadi kecepatan sudut (kecepatan anguler) didefinisikan sebagai sebagai sudut θ yang ditempuh tiap satuan waktu t. Kcepatan sudut dinotasikan dengan ω (baca: omega) dan dengan satuannya adalah rad/s. Selain itu ada satuan lain untuk kecepatan sudut yakni rpm (rotasi per menit). Berapakah 1 rpm itu?

Perlu diingat bahwa 1 putaran = 2π, maka:
1 rpm = putaran/menit
1 rpm = (2π/60) rad/s
1 rpm = (π/30) rad/s
1 rpm = (3,14/30) rad/s
1 rpm = 0,105 rad/s

Secara matematis kecepatan sudut dapat dituliskan dengan rumus:
ω = Δθ/Δt

Keterangan:
ω = kecepatan sudut/anguler (rad/s)
Δθ = perubahan posisi sudut (rad)
Δt = perubahan waktu (s)

Contoh Soal
Sebuah benda yang bergerak pada lintasan melingkar memiliki jari-jari 0,5 m. Benda tersebut mampu menempuh sudut 60π rad dalam 15 sekon. Tentukan kecepatan anguler benda tersebut.

Penyelesaian:
Δθ = 60π rad
Δt = 15 s
Kecepatan sudutnya memenuhi:
ω = Δθ/Δt
ω = 60π rad/15 s
ω = 4π rad/s

Demikian pembahasan kecepatan sudut atau kecepatan anguler pada gerak melingkar. Jika ada permasalahan dalam memahami materi ini silahkan tanyakan pada kolom komentar. Kita pasti bisa.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Pengertian dan Satuan Kecepatan Sudut"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.