Pengertian dan Contoh Soal Kecepatan Rata-Rata

Kecepatan rata-rata berbeda dengan kelajuan rata-rata. Kelajuan rata-rata merupakan jarak tempuh suatu benda dalam selang waktu tertentu. Sedangkan kecepatan rata-rata merupakan perpindahan total suatu benda dalam selang waktu tertentu. Jadi agar anda tidak keliru dengan konsep kelajuan rata-rata dan konsep kecepatan rata-rata, Anda harus paham dengan konsep jarak dan perpindahan. Kedua konsep itu dalam ilmu fisika sangat berbeda. Silahkan baca perbedaan jarak dan perpindahan.


Persamaan untuk menghitung kecepatan rata-rata suatu benda yakni perpindahan total yang ditempuh oleh benda dibagi dengan waktu tempuhnya, jika ditulis secara matematis:

Kecepatan rata-rata = perpindahan/waktu 
atau

Kita ketahui bahwa perpindahan itu merupakan besaran vektor, maka kecepatan juga merupakan besaran vektor. Karena besaran vektor maka kecepatan rata-rata bisa bernilai positif dan negatif. Nah untuk memantapkan pemahaman Anda tentang kecepatan rata-rata suatu benda silahkan simak contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal 1
Suatu benda bergerak lurus ke arah timur sejauh 100 m dalam waktu 2 menit, kemudian berbalik arah ke barat sejauh 400 m dalam waktu 3 menit. Hitunglah kecepatan rata-rata benda tersebut.

Penyelesaian:
Misalkan benda yang bergerak ke timur kita beri tanda positif dan benda yang bergerak ke barat kita beri tanda negatif, maka:
x1 = 100 m
t1 = 2 menit = 120 s
x2 = – 400 m
t2 = 3 menit = 180 s

Δx = x1 + x2
Δx = 100 m – 400 m
Δx = – 300 m

Δt = t1 + t2
Δt = 120 s + 180 s
Δt = 300 s

v = Δx/Δt
v = – 400 m/300 s
v = – 1 m/s
Jadi kecepatan benda tersebut 1 m/s dan tanda negatif artinya kecepatan benda arahnya ke barat atau dapat ditulis kecepatan benda 1 m/s ke barat.

Contoh Soal 2
Budi akan melakukan pemanasan dengan cara berlari sebelum mengikuti lomba. Lintasan yang digunakan Budi untuk pemanasan berbentuk lingkaran dengan jari-jari lingkaran 20 m. Untuk menempuh seperempat lingkaran pertama, Budi memerlukan waktu 100 detik. Untuk menempuh seperempat lingkaran kedua, Budi memerlukan waktu 150 detik. Hitunglah kecepatan rata-rata budi untuk menempuh seperempat lingkaran pertama dan hitunglah kecepatan rata-rata budi untuk menempuh setengah lingkaran.

Penyelesaian:
Perhatikan gambar di bawah ini.


Untuk menghitung kecepatan rata-rata budi untuk menempuh seperempat lingkaran pertama, harus dicari perpindahan Budi yaitu dari titik A ke titik B. Dengan menggunakan teorema Phytagoras maka perpindahan dari A ke B yaitu:
AB = √(AO2 + BO2)
AB = √(202 + 202)
AB = 20√2 m

v = AB/t
v = 20√2 m/100 s
v = 0,2√2 m/s
v = 0,3 m/s

Untuk menghitung kecepatan rata-rata budi untuk menempuh setengah lingkaran, harus dicari perpindahan Budi yaitu dari titik A ke titik C (diameter lingkaran).
Δx = AO + CO
Δx = 20 m + 20 m
Δx = 40 m

Δt = t1 + t2
Δt = 100 s + 150 s
Δt = 250 s

v = Δx/Δt
v = 40 m/250 s
v = 0,16 m/s

Jadi, kecepatan rata-rata budi untuk menempuh seperempat lingkaran pertama adalah 0,3 m/s dan kecepatan rata-rata budi untuk menempuh setengah lingkaran adalah 0,16 m/s.


Nah itu postingan Mafia Online tentang materi dan contoh soal kecepatan rata-rata serta pembahasannya. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

1 Response to "Pengertian dan Contoh Soal Kecepatan Rata-Rata"

  1. Sangat menarik dan sangat membantu saya untuk berprestasi menjadi lebih baik kedepannya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.