Cara Cepat Mencari Rumus Suku Ke n Deret Aritmatika

Trik cepat mencari rumus suku ke n deret aritmatika ini dapat anda aplikasikan untuk menjawab soal-soal dalam bentuk pilihan ganda dan tidak dianjurkan untuk menjawab soal-soal dalam bentuk esay atau menjelaskan. Trik cepat ini juga pernah Mafia Online bahas pada postingan sebelumnya yang berjudul “cara cepat mencari nilai suku ke n barisan aritmatika”. Sekarang perhatikan contoh soal berikut “Suku ke-5 dan dan ke-8 dari barisan aritmatika berturut-turut adalah 11 dan 17. Tentukan rumus suku ke-n dan nilai suku ke-24 dari barisan aritmatika tersebut!

Sekarang perhatikan tabel di bawah ini.
 
Dari tabel di atas terlihat bahwa nilai suku ke x adalah a dan nilai suku ke y adalah b, maka rumus suku ke n dari barisan aritmatika tersebut yakni:
(x – y)Un = (a – b)n + (x.b – y.a)

Oke sekarang kita terapkan rumus tersebut pada contoh soal di atas. Jika dibuatkan dalam bentuk tabel akan tampak seperti berikut.
(x – y)Un = (a – b)n + (x.b – y.a)
(8 – 5)Un = (17 – 11)n + (8.11 – 5.17)
3Un = 6n + 3
Un = 2n + 1

U24 = 2.24 + 1
U24 = 49
Jadi, rumus suku ke n adalah Un = 2n + 1, dan nilai suku ke-24 adalah 49.

Bagaimana? Lebih mudah dan lebih cepat bukan? Jadi, dengan cara ini Anda tidak perlu lagi menggunakan metode substitusi atau eliminasi untuk mencari rumus dan nilai suku ke-n. Ingat cara hanya cocok digunakan untuk ujian nasional atau soal dalam bentuk pilihan (multiple choice). Silahkan simak lagi beberapa contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal 2
Dari barisan aritmatika diketahui suku ke-3 = 14 dan suku ke-7 = 26. Tentukan rumus suku ke n dan nilai suku ke-10.

Penyelesaian:
(x – y)Un = (a – b)n + (x.b – y.a)
4Un = 12n + (98 – 78)
4Un = 12n + 20
Un = 3n + 5

U10 = 3.10 + 5
U10 = 35

Contoh Soal 3
Tentukan rumus suku ke-n dan suku ke-20 dari barisan bilangan 2, 5, 8, 11, ...

Penyelesaian:
 
(x – y)Un = (a – b)n + (x.b – y.a)
Un = 3n + (4 – 5)
Un = 3n – 1

U20 = 3.20 – 1
U10 = 59


Oke, demikian postingan Mafia Online tentang cara cepat mencari rumus suku ke-n dari deret aritmatika. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan di atas. Salam Mafia => Kita pasti bisa.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Cara Cepat Mencari Rumus Suku Ke n Deret Aritmatika"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.