Pengertian dan Contoh Soal Perbandingan

Pengertian perbandingan adalah istilah matematika untuk membandingkan dua obyek atau lebih. Jadi agar bisa membandingkan sesuatu harus ada minimal dua buah objek. Sebagai contoh misalnya Budi mengelilingi lapangan sekali putaran mampu ditempuh dalam waktu 2 menit 30 detik sedangkan Iwan hanya mampu menempuh dalam waktu 2 menit 5 detik. Dari hal tersebut maka kita bisa membandingkan kecepatan lari Budi dan Iwan yakni “Iwan lebih cepat berlari dari Budi” atau “Budi lebih lambat dari Iwan”

Contoh perbandingan yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari antara lain adalah perbandingan jumlah uang yang dimiliki seseorang terhadap orang yang lain. Perbandingannya dapat berupa perbandingan yang satuan pembandingnya sama dan perbandingan yang satuan pembandingnya berbeda. Sebelum membahas tentang perbandingan yang satuan pembandingnya sama dan perbandingan yang satuan pembandingnya berbeda, kita ulas terlebih dahulu cara menyatakan perbandingan. Bagaimana cara menyatakan perbandingan?

Mungkin kamu tidak asing dengan yang namanya ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan oleh siswa di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.
Pengertian dan Contoh Soal Perbandingan
Sumber gambar: Google Image


Permasalahan “Siswa di SMP Mafia Online di minta untuk memilih salah satu ekstrakurikuler yang diminatinya. Dari 100 orang siswa, ternyata 75 orang siswa memilih ektrakurikuler bidang olahraga dan 25 orang siswa memilih ektrakurikuler bidang seni. Bagaimana cara membandingkan pilihan siswa yang memilih ektrakurikuler bidang olahraga atau bidang seni?

Dari permasalahan di atas maka ada beberapa jawaban yakni:
  • ¼ siswa SMP Mafia Online memilih ekstrakurikuler bidang seni daripada ekstrakurikuler bidang olahraga.
  • ¾ siswa SMP Mafia Online memilih ekstrakurikuler bidang olahraga daripada ekstrakurikuler bidang seni.
  • Perbandingan siswa yang memilih ekstrakurikuler bidang seni terhadap ekstrakurikuler bidang olahraga adalah 1 : 3
  • Perbandingan siswa yang memilih ekstrakurikuler bidang olahraga terhadap ekstrakurikuler bidang seni adalah 3 : 1
  • 3 dari 4 siswa memilih ekstrakurikuler bidang olahraga daripada bidang seni
  • 1 dari 4 siswa memilih ekstrakurikuler bidang seni daripada bidang olahraga
  • banyak siswa yang memilih ekstrakurikuler bidang olahraga 50 lebih banyak daripada yang memilih ekstrakurikuler bidang seni
  • banyak siswa yang memilih ekstrakurikuler bidang seni 50 lebih sedikit daripada yang memilih ekstrakurikuler bidang olahraga
  • banyak siswa yang memilih ekstrakurikuler bidang olahraga tiga kalilipat dari siswa yang memilih ekstrakurikuler bidang seni


Dari beberapa jawaban di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat tiga cara untuk menyatakan suatu pebandingan yakni:
  1. menggunakan pecahan, misalnya ½ yang artinya 1 berbanding 2.
  2. menggunakan dua buah bilangan yang dipisahkan dengan tanda titik dua (:), misalnya 2 : 1 yang artinya 2 berbanding 1.
  3. menggunakan dua buah bilangan yang dipisahkan dengan kata “dari”, misalnya 2 dari 3 yang sama artinya dengan 2 berbanding 3


Dalam kehidupan sehari-hari kata perbandingan sering diistilahkan dengan kata “rasio”.

Untuk memantapkan pemahaman Anda tentang perbandingan silahkan simak contoh soal perbandingan di bawah ini.

Contoh Soal 1
Benot mampu mengelilingi lapangan sebanyak 3 kali dalam waktu 2 menit, sedangkan Jendra mampu menempuhnya dalam 3 menit.
  1. siapa yang berlari lebih cepat, Benot atau Jendra
  2. berapa lama yang diperlukan oleh Benot untuk mengelilingi lapangan sebanyak 12 kali.
  3. berapa lama yang diperlukan oleh jendra untuk mengelilingi lapangan sebanyak 12 kali


Penyelesaian:
  1. Benot lebih sedikit memerlukan waktu daripada jendra, oleh karena itu benot lebih cepat berlari daripada jendra.
  2. Untuk menjawab soal ini Anda haruh paham dengan konsep pecahan senilai, jika dalam 2 menit mampu menempuh 3 kali putaran maka dalam 12 kali putaran ia akan menempuh:
    2/3 = waktu/12

    Pecahan 2/3 senilai dengan pecahan 8/12, jadi benot akan menempuh waktu 8 menit.
  3. Jika dalam 3 menit mampu menempuh 3 kali putaran maka dalam 12 kali putaran ia akan menempuh:
    3/3 = waktu/12

    Pecahan 3/3 senilai dengan pecahan 12/12, jadi jendra akan menempuh waktu 12 menit.


Contoh Soal 2
Dari pemilihan ekstrakurikuler yang diadakan di suatu kelas, ternyata 90% siswa perempuan memilih ekstrakurikuler bidang seni. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!

Penyelesaian:
Untuk menjawab soal ini Anda harus paham cara mengubah bentuk persentase ke bentuk pecahan, yakni:
=> 90% = 90/100
=> 90% = 9/10
9/10 artinya 9 berbanding 10 yang maksudnya dari 10 siswa perempuan yang memilih ekstrakurikuler di bidang seni ada 9 siswa atau dari 100 siswa perempuan yang memilih ekstrakurikuler di bidang seni ada 90 siswa.


Demikian postingan Mafia Online tentang pengertian dan contoh soal perbandingan. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Soal Perbandingan"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.