Menentukan Perbandingan Dua Besaran yang Beda Satuan

Menentukan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda perlu Anda untuk diketahui, karena dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda. Misalnya kecepatan rata-rata Iwan mengendarai sepeda motor adalah 40 km per jam. Pernyataan tersebut membandingkan dua besaran yakni besaran panjang dan besaran waktu yang keduanya memiliki satuan yang berbeda yakni km dan jam.
Menentukan Perbandingan Dua Besaran yang Beda Satuan
sumber gambar: Google Image

Contoh lain dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda yakni:

  1. Kurs Rupiah terhadap Euro adalah Rp 15.000,00 per Euro
  2. Harga gula di pasar Sukamaju yakni Rp 10.000,00 per kg
  3. Iwan membeli 4 lusin buku tulis isian 38 lembar dengan harga Rp 36.000,00 per lusin.
  4. Sepeda motor yang diklaim sebagai motor hemat BBM mampu menempuh jarak 15 km dengan menghabiskan 1 liter bensin.
  5. Petani yang menggunakan bibit unggul mampu menghasilkan 100 karung padi dalam 1 hektar sawah.

Semua pernyataan di atas merupakan membandingkan dua kauntitas yang berbeda. Misalnya kurs rupiah terhadap Euro, harga gula terhadap massanya (kg), harga buku terhadap banyaknya buku (lusin), jarak (km) terhadap volume bensin (liter) dan banyaknya padi (karung) terhadap luas sawah (hektar).

Bagimana menentukan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda?

Contoh soal menentukan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda


Untuk menentukan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda silahkan simak contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal 1
Dalam sebuah uji coba bibit padi unggul, Pak Jendra mendapatkan hasil 1.500 ember gabah pada lahan yang luasnya 200 are. Berapa ember gabah yang Pak Jendra dapatkan jika bibit tersebut diuji coba pada lahan dengan luas 2 are? Hitung juga berapa luas lahan yang dijadikan uji coba untuk mendapatkan hasil panen 450 ember gabah?

Penyelesian:
Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya tentang pengertian dan contohsoal perbandingan dijelaskan bahwa untuk menyatakan suatu pebandingan dapat dilakukan dengan cara menggunakan pecahan, maka untuk 1.500 ember gabah pada lahan yang luasnya 200 are sama dengan:
=> 1500/200 = 15/2
Jadi dalam 2 are lahan akan didapatkan hasil 15 ember gabah.

Dengan menggunakan pecahan senilai maka kita akan dapatkan luas lahan untuk hasil 450 ember gabah, yakni:
=> 15/2 = 450/60
Jadi luas lahan yang dijadikan uji coba untuk mendapatkan hasil panen 450 ember gabah adalah 60 are.

Contoh Soal 2
Diantara keempat merek motor ini, tentukan merek motor yang mana paling irit.
1. Merek V mampu menempuh jarak 4,8 km dengan 1 liter bensin
2. Merek W mampu menempuh jarak 9,8 km dengan 2 liter bensin
3. Merek X mampu menempuh jarak 9,6 km dengan 1,5 liter bensin
4. Merek Y mampu menempuh jarak 14,4 km dengan 2 liter bensin

Penyelesiaan:
Kita harus menentukan pemakaian 1 liter bensin tiap motor dan yang paling irit adalah motor yang mampu menempuh jarak terpanjang dalam 1 liter bensin, maka:

  • Untuk motor merek V, menempuh jarak 4,8 km dengan 1 liter bensin artinya motor tersebut mampu menghabiskan bensin 4,8 km/1 liter = 4,8 km/liter.
  • Untuk motor merek W, menempuh jarak 9,8 km dengan 2 liter bensin artinya motor tersebut mampu menghabiskan bensin 9,8 km/2 liter = 4,9 km/liter.
  • Untuk motor merek X, menempuh jarak 9,6 km dengan 1,5 liter bensin artinya motor tersebut mampu menghabiskan bensin 9,6 km/1,5 liter = 6,4 km/liter.
  • Untuk motor merek Y, menempuh jarak 14,4 km dengan 2 liter bensin artinya motor tersebut mampu menghabiskan bensin 14,4 km/2 liter = 7,2 km/liter.
Karena 4,8 < 4,9 < 6,4 < 7,2 maka dapat disimpulkan bahwa motor yang mana paling irit adalah motor merek Y.


Demikian postingan Mafia Online tentang cara menentukan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

2 Responses to "Menentukan Perbandingan Dua Besaran yang Beda Satuan"

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.